Ambalan dinding rumah untuk dekorasi ruangan / Wall shelves for room decoration

kitchenastudioarchitect.com Ambalan adalah sebutan untuk rak yang biasanya ditempelkan pada dinding sebagai sarana dekorasi, yang bisa ditambahkan dengan hiasan pajangan, serta pernak-pernik interior. Ambalan cukup dikenal luas dan merupakan ciri khas bagi mereka yang menyukai hiasan dalam rumah. Hal ini berkaitan dengan unsur tradisi dalam masyarakat kita yang sejak dari dulu menyukai ragam hiasan dalam desain maupun pernak-pernik rumah tinggal. Artikel ini dibuat berdasarkan pertanyaan dari wartawan koran Sindo.

"Ambalan" shelves is an Indonesian term for opened shelves, usually for arranging decoration pieces like family heirlooms, small ceramics or art, or picture frames. It is the name for rack shelves that are usually affixed to the wall as a means of decoration, which can be added with ornamental decoration and interior accesories. Ambalan shelves is quite widely known and is typical for those who love decoration inside a house. This deals with the element of tradition in our society which is a love of variety of ornaments and accesories. This article is based on questions from newspaper reporter Sindo.




Fungsi ambalan selain sebagai tempat pernak-pernik apa?

Hasil pencarian Google untuk 'ambalan dinding'

Fungsi ambalan yang terutama adalah sebagai dekorasi, baik menyatu dengan papan atau board yang dipasang di dinding, atau berdiri sendiri dengan bentuk yang merupakan elemen dekoratif interior. Disebut sebagai elemen dekoratif karena pada dasarnya ambalan tidak berfungsi secara khusus sebagai almari atau kabinet, tapi sebagai dekorasi ruangan yang dipadukan dengan benda-beda dekorasi lainnya yang ditempatkan didalamnya.



Apa yang harus diperhatikan sebelum menata ambalan pada ruang?

Bila memiliki dana yang cukup, pikirkan apakah ambalan bisa dimasukkan dalam desain keseluruhan dinding yang dibuat dengan menutup seluruh permukaan salah satu dinding dengan dinding kayu, kaca atau material lainnya. Ambalan bisa dipakai sebagai elemen pelengkap

Bila membuat ambalan sebagai elemen dekorasi yang berdiri sendiri, perhatikan kesan yang ingin ditampilkan pada keseluruhan ruangan. Misalnya, dimensi atau ukurannya, ketebalan dari kayu atau material yang digunakan, agar tidak terlihat terlalu besar atau terlalu kecil dibandingkan keseluruhan ruangan. Perhatikan pula benda-benda apa yang diletakkan dalam ambalan tersebut. Biasanya benda-benda yang diletakkan adalah benda pajangan.

Hiasan apa yang sebaiknya ada di sana? Berapa ukurannya? Bentuknya gimana?

Hiasan atau elemen dekoratif yang bisa dimasukkan dalam ambalan ini misalnya keramik, kerajinan, souvenir, koleksi barang langka, serta jenis hiasan lainnya. Pada dasarnya itu terserah kepada pemilik rumah. Ukurannya tentunya harus disesuaikan dengan ukuran ambalan itu sendiri, terutama dari ketebalan ambalannya. Jangan lupa bila ambalan tersebut tidak dibatasi oleh kaca, ada kemungkinan benda yang dipajang bisa terjatuh bila tersenggol atau dimainkan putra-putri. Jadi ada unsur keamanan untuk anak-anak yang harus kita perhatikan.

Untuk bentuknya, saat ini berkembang tren desain dekorasi yang minimalis modern, sebagaimana desain modern yang berkembang dalam dunia arsitektur dan interior. Benda-benda pajangan atau dekorasi sudah banyak yang mengadopsi bentuk-bentuk desain yang kontemporer atau modern, dalam arti sederhana bentuknya, tidak terlalu banyak hiasannya, karena bisa terlihat ribet. Namun lain halnya bila kita menghendaki untuk memakai benda pajangan seperti kerajinan khas daerah tertentu. Ini bisa menjadi focal point karena satu benda saja sudah menarik perhatian.

Ambalan bisa berarti lemari yang diisi dengan aksesoris, yang jadi pertanyaan saya adalah yang bisa difokuskan sebagai focal point bagian mananya? Apakah hambalan tersebut atau isi dari hambalan tersebut yang berisi aksesoris, bagaimana menurut Bapak, tolong jelaskan?

Pertama perbedaan utama lemari dengan ambalan adalah biasanya lemari memiliki kaki dan ambalan adalah lemari kabinet tipis yang transparan atau tanpa pembatas untuk dekorasi yang ditempelkan di dinding. Cara untuk membuat bagian focal point bisa sangat sederhana, salah satunya adalah dengan menempatkan satu benda pajangan yang sangat menarik di bagian tengah, atau di bagian yang akan terlihat dengan mudah. Secara otomatis akan menjadi focal point yang dimaksud.

Ambalan bisa menjadi elemen yang vokal didalam sebuah ruangan, misalnya, bila semua dinding lainnya polos dan hanya satu dinding yang diberi ambalan, maka ini sudah berbeda dan menjadi focal point. Selebihnya, karena fungsi ambalan itu menjadi semacam bingkai dari elemen dekorasi didalamnya, maka ia harusnya tidak terlalu vokal karena akan mengalahkan perhatian pada elemen hiasan didalamnya.

kitchen

What is the function of ambalan shelves other than place for accesories?


Shelves that primarily functions as decoration, either as one piece or racks mounted on the wall, or stand alone with a form that represents the interior decorative elements. Referred to as a decorative element because the shelves are basically not functioning exclusively as a cupboard or cabinet, but the decor is the most important combined with a different object placed therein.


What should be considered before arranging shelves in a room?


When you have enough funds, consider whether the shelves could be included in the overall design of the wall which is made by covering the entire surface of one wall with wood walls, glass or other material. Ambalan shelves can be used as a complementary element


When you make the shelves as a stand-alone decorative elements, consider the impression you want to show at the whole room. For example, dimension or size, thickness of wood or material used, in order not to look too big or too small compared to the entire room. Notice also what objects are placed in shelves. Usually objects are placed is a display object.


What decorations should be there? What size? What kind of shape?


Ornamental or decorative element that can be included in these shelves for example ceramics, handicrafts, souvenirs, collections of rare items, as well as other types of decoration. Basically it's up to the houselord. Size must be adjusted by the size of the shelves themselves, especially from the thickness. Do not forget when the shelves are not limited by glass, there is the possibility of falling objects which are displayed or when being touched by your sons and daughters. So there is an element of security for children that need our attention.


In the form aspect, there is currently developing trend of  decor designs, develops as a modern design in the world of architecture and interiors. Ornamental objects or decorations so many have adopted the forms of contemporary or modern design, simple in terms of shape, not too much decoration, because it may look complicated. Yet another case if we want to use ornamental objects such as certain regional crafts. This could be a focal point because of one thing alone is attracting attention.


Ambalan could mean the cupboard is filled with accessories, so my question is what thing can be focused as a focal point? Are these Ambalan or things of those ambalan containing accessories, how you think, please explain?


The first major difference between a cupboard and an ambalan shelves is that cupboards have legs while ambalan shelves usually are thin, transparent or no barrier for decorations pinned on the wall. How to create the focal point can be very simple, one of them is placed as a very interesting display of objects in the middle, or in part to be seen easily. It will automatically become the focal point in question.


Ambalan Shelves could be a vocal element within a room, for example, when all the other walls plain and only one wall of ambalan shelves that are given, then this will be different and be a focal point. The rest, as it became a kind of function frame shelves of decorative elements in it, then he should not be too vocal because it would defeat the attention on the decorative elements inside.



apakah desain ambalan berpengaruh dengan desain rumah, semisal rumah itu minimalis? Mediteranian? Klasik, atau etnik? Jika memang iya, lalu apa saja yang perlu diperhatikan?

Tentunya desain ambalan harus disesuaikan dengan desain rumah, karena tidak terlihat pas jika model ambalan memiliki gaya yang sama sekali berbeda, misalnya bila kayu atau bingkai ambalan menggunakan ukiran terlalu banyak, dan mengambil bagian terlalu luas dari sebuah dinding atau ruang, maka ia bisa merusak suasana sebuah ruangan yang bergaya modern. Artinya ruangan itu tidak lagi didesain dengan gaya modern karena adanya ambalan yang penuh ukiran.

Langgam-langgam desain arsitektur atau interior bisa dimasukkan dalam desain ambalan, misalnya rumah bergaya etnik bisa menggunakan ambalan dengan ukiran gaya tradisional. Rumah dengan gaya modern bisa menggunakan ambalan dengan desain yang cenderung clean. Yang terpenting adalah, gunakan desain ambalan yang sesuai untuk tema rumah, agar tidak terasa aneh atau tidak sesuai, saat tiba-tiba ada dekorasi ambalan yang sangat berbeda tema desainnya.

bagaimana dengan warna ambalan? Warna apa yang harus ditonjolkan atau dibuat tema ruang? apakah perlu mencocokkan dengan furniture yang lainnya?

Biasanya warna yang paling disukai adalah warna dari bahan kayu atau pelapis kayu, karena terlihat sesuai untuk ruangan dengan warna cat apapun. Dalam hal ini berarti warna ambalan menyatu sebagai pelengkap dari keseluruhan skema warna ruangan. Warna ini disebut sebagai warna primer, antara lain coklat, putih, abu-abu dan hitam. Warna-warna netral ini bisa berpadu dengan baik dengan seluruh skema warna cat.

Bila ambalan digunakan untuk fungsi dekoratif yang menjadi titik perhatian utama dalam sebuah ruangan atau focal point, maka boleh saja bila warnanya dijadikan kontras dengan warna-warna lainnya, atau diberi warna yang 'ngejreng' agar langsung terlihat atau menarik perhatian.


banyak orang berfikir, jika menggunakan ambalan merupakan salah satu cara untuk memperluas ruang yang sempit? Bagaimana menurut Bapak?

Ada benar dan tidaknya. Ambalan bisa menjadi alternatif penyimpan benda-benda agar tidak berserakan, misalnya majalah dan mainan anak. Dalam hal ini, benda-benda yang diletakkan di ambalan cenderung ditata rapi dan menjadi elemen dekorasi, meskipun ia bukanlah benda pajangan. Yang benar adalah: kabinet built in bisa memperluas ruang yang sempit bila ia menjadi penyimpan untuk benda-benda seluruh ruangan agar tidak berserakan.

adakah luas ruang mempengaruhi besar kecilnya sebuah ambalan?

Betul, ambalan harus didesain dengan dimensi yang cukup sesuai untuk seluruh ruangan, bila tidak akan terlihat tidak sesuai. Pada ruangan yang sangat besar, ambalannya tidak mungkin hanya kecil saja, sehingga sebaiknya besar pula ukurannya relatif dengan luas ruangan atau dindingnya. Ambalan yang ukurannya kecil untuk sebuah ruang tamu kecil sudah cukup menarik perhatian, hal ini karena ukuran ruang juga kecil sehingga ambalan kecil saja sudah terlihat menonjol.

adakah jenis-jenis bahan ambalan selain dari kayu? atau sejenisnya? Berikan contoh dan jelaskan?

Kaca sering digunakan sebagai material untuk membuat ambalan, baik keseluruhan ataupun hanya sebagian dan dikombinasikan dengan kayu. Bahan lainnya seperti bahan untuk membuat furniture pada umumnya, terdapat ambalan yang dibuat dari rangka besi batangan atau besi hollow, alumunium, kaca cermin, dan sebagainya.

Will the design of ambalan shelves influent the design design of houses, such as modern style house? Mediterranean? Classical, or ethnicity? If that is so, then what need to be considered?


Obviously the design of ambalan shelves should be adjusted to the house design, because it does not look right if the shelves have completely different styles, for example, when wood carving or a frame shelves using too much, and take part too wide of a wall or room, then he could distract the atmosphere a room in a modern style.


Google search result for 'shelves'

Architecture Styles or interior design can be inspiration in the design of shelves, for example, ethnic-style house can use the shelves with a fine traditional style. Houses with a modern style can use the shelves with a design that tends to be clean look. The important thing is, use the appropriate shelves design for the theme of house, so it will not be strange or inappropriate, when suddenly there was a very different shelves decor design theme.




how to color the shelves? What color should be used? whether to match with other furniture?


Usually the most desirable color is the color of wood or wood coatings, because it seemed appropriate to any room with color paint. In this case means integrated shelves colors to complement the overall color scheme of the room. This color is called the primary colors, including brown, white, gray and black. Neutral colors can be blended well with all the paint color scheme.


When the shelves are used for decorative functions which become the main focal point in a room, then the color should be used only when contrasted with other colors, or colors that are given 'strong' to be directly visible or attract attention.


many people think, if using shelves is one way to make narrow rooms feel more spacious? How do you think?


It is true and not. Shelves can be an alternative storage objects to be more organized, such as magazines and toys. In this case, objects are placed on shelves tend to be neatly arranged and decor elements, although it is not a display object. The truth is: built-in cabinet can expand a narrow space when it became a storage for objects to be more organized throughout the room.


Does size of shelves matters?


Yes, shelves should be designed with dimensions suitable enough for the entire room, or it could be seen as being inappropriate. In a very large room, the shelves will not be possible just a little dimension, so we recommend the relative size of the space to the walls. Small shelves in a small room is enough to attract attention, this is because the size is also small so the shelves just stand out.


is there any types of materials other than wood shelves? or the like? Give examples and explain?


Glass is often used as material for making shelves, either whole or just part and combined with wood. Other materials such as materials for making furniture in general, there are shelves that are made from iron frame or metal hollow rod, aluminum, glass mirror, and so forth.

________________________________________________

by Probo Hindarto

© Copyright 2010 astudio Indonesia. All rights reserved.

Ambalan dinding rumah untuk dekorasi ruangan / Wall shelves for room decoration Share on...

0 comments on Ambalan dinding rumah untuk dekorasi ruangan / Wall shelves for room decoration :

Post a Comment and Don't Spam!