Bop Window

Sebuah jendela gudang dengan bentuk 'Bop window'.
astudioarchitect.com Dari berbagai jenis jendela yang ada dan dikenal, terdapat jenis jendela yang cukup unik. Jendela tersebut adalah jendela bundar yang disebut "Bop Window". Bentuk dari jendela ini bundar dengan beberapa macam jenis bukaan, menjadikan jenis bentuk jendela ini menjadi tren baru dalam arsitektur rumah tinggal dan bangunan. Satu 'Bop Window' pada tampilan desain rumah bisa membuat tampilan rumah menjadi makin menarik dengan satu unsur geometri bundar, karena biasanya rumah-rumah jaman sekarang lebih banyak menggunakan geometri kotak-kotak. 

Of the various types of existing window which are known, there is a quite unique window type, the round window called "Bop Window". This circular shape of the window with several different types of openings, making this kind window shape becomes a new trend in architecture of houses and buildings. One 'Bop Window' on home design view can make a house look more attractive with a circular geometric elements, because usually houses today use more box geometry.



'Bop Window' pada intinya merupakan bentuk jendela dengan frame bundar, bukan kotak seperti biasa yang bisa dibuat dengan frame/bingkai beton, kayu, atau material lainnya. Karena bentuknya yang bundar, Bop Window tidak bisa dibuat dari bahan yang pabrikan seperti alumunium, tapi bisa dibuat dari besi yang dilengkungkan. Berikut ini contoh-contoh Bop Window dengan berbagai bentuk dan materialnya:

Jendela Bop window untuk kitchen set 

Selain untuk tampilan depan rumah, Bop window juga bisa digunakan untuk elemen interior seperti kitchen set, furniture, dan sebagainya sebagai elemen jendela. Seperti terlihat pada gambar diatas, adalah bentuk jendela Bop window yang diaplikasikan pada kitchen set, memberikan sentuhan baru pada kitchen set yang biasa saja. 

Bop window dipadukan dengan bingkai dalam dari kayu.

Untuk mengaplikasikan jendela Bop window ini cukup sederhana, kita hanya perlu membuat satu jendela pada desain rumah yang berbentuk bundar, tapi memang sebaiknya tidak lebih dari dua buah jendela bop window karena bentuk jendela ini sangat khas dan langsung tertangkap oleh mata begitu melihatnya, disebabkan oleh bentuk lengkung yang merupakan bentuk yang jarang digunakan. 


Bop Window biasanya memiliki karakteristik sebagai berikut:
- Bentuk bundar dengan pinggiran yang tebal, bisa dibuat dari pekerjaan semen dan beton, atau dari kayu. 
- Bagian dalam bisa diberi frame/bingkai jendela, bisa juga tidak diberi seperti contoh jendela gudang diatas, atau lubang dinding dibawah ini
- Bagian bundar biasanya diberi warna lain untuk menegaskan bentuknya.



Bentuk Bop Window tanpa bingkai/frame, dan tanpa kaca.
'Bop Window' in essence is a frame window with a round shape instead of the usual box that can be made with the frame / frame concrete, wood or other material. Because the round shape, Bop Window can not be made from materials such as aluminum manufacturer, but can be made from a curved iron. The following examples Bop Window with various forms and materials:

In addition to the home front display, Bop window can also be used for interior elements such as the kitchen set, furniture, etc. as elements of the window. As shown in the picture above, is a form of window Bop window that was applied to the kitchen set, giving a new touch on an ordinary kitchen set.

To apply Bop window is quite simple, we only need to make a window on the rounded design, but there should be no more than two bop window window because the window shape is very distinctive and instantly caught the eye when he saw it, caused by the shape curve which is a form that is rarely used.

Bop Windows typically have the following characteristics:
- Round shape with a thick edge, can be made from cement and concrete work, or from wood.
- The inside can be given a frame / window frames, can also not be given as examples of the barn window above, or below the wall hole
- The round is usually given a different color to emphasize its shape.
- Window Bop forms can be made without frames / frame, and without glass.


Jangan takut untuk menggunakan bentuk jendela yang 'lain daripada yang lain' karena adakalanya satu bentuk menarik ini bisa membuat perbedaan berarti untuk rumah Anda. Konsultasikan desain dengan arsitek Anda untuk mendapatkan hasil desain yang terbaik dari Bop window ini.

Do not be afraid to use the form of Bop window that is very distinctive because sometimes an interesting shape can make a difference to your house facade. Consult your design with your architect to get the best design of this Bop window.

________________________________________________
 by Probo Hindarto
© Copyright 2010 astudio Indonesia. All rights reserved.

Bop Window Share on...

0 comments on Bop Window :

Post a Comment and Don't Spam!