'Solusi Rumah' dari Holcim, cara cepat dan mudah membangun rumah prefab

astudioarchitect.com Hari ini saya berjalan-jalan ke salah satu gerai Holcim "Solusi Rumah" dimana saya mendapatkan banyak informasi menarik. Keberadaannya bisa membantu kita yang ingin membangun dengan cepat, kualitas terstandar mutunya, dan bisa mengetahui anggaran biaya dalam waktu yang relatif singkat. Produk Holcim mencakup bahan-bahan dari material pracetak yang bisa digunakan untuk sloof, kolom, dinding, balok, dak beton dan penutup atap. Semuanya dibuat dalam bentuk fabrikasi sehingga disebut sebagai material rumah prefab karena materialnya sudah dibuat terlebih dulu.


Memasuki gerai Holcim ini saya mendapati berbagai produk seperti bataton, ubin, serta kusen dan jendela prefab. Semua itu dilengkapi dengan peraga dimana kita bisa melihat material pracetak tersebut dan melihat dimensinya. Berikut ini beberapa bahan material yang didapati di gerai Holcim 'Solusi Rumah'.



Sloof: untuk sloof kita bisa menggunakan bataton profil U yang bisa digunakan langsung diatas pondasi dengan dicor sehingga tidak membutuhkan bekisting. Bekisting adalah pencetak beton yang biasanya dibuat dari kayu, tripleks atau mika. Dengan sloof menggunakan profil tersebut, kita tidak perlu bekisting.
Lantai: produk holcim yang bisa digunakan untuk lantai adalah balok prefab ukuran 6x10x300cm3. Balok ini bisa menggantikan pula fungsi balok untuk dak beton bila digunakan bersama produk Holcim lain yaitu batatonnya.
Dinding: untuk dinding kita bisa menggunakan bataton pracetak dimana fungsinya adalah sebagai dinding yang menggantikan penggunaan bata biasa. Menurut guide bataton bisa menghemat biaya dan kecepatan pemasangannya cukup tinggi. Disarankan menggunakan tukang yang disediakan oleh holcim tapi menurut kondisinya bisa juga dikerjakan oleh tukang dengan diberi arahan oleh pihak Holcim.
Bukaan: misalnya untuk jendela, pintu dan rooster ventilasi terdapat juga produk dari Holcim dimana semuanya sudah prefab dan tinggal dipasang. Kusen prefab memungkinkan kita mendapatkan kusen dengan harga lebih terjangkau yaitu dibawah 200rb bila dibandingkan dengan kusen kau yang makin mahal akan lebih kuat dan setelah difinishing pun hasilnya terlihat tidak jauh berbeda setelah dipoles.
Atap: Holcim jg menyediakan genteng beton dengan dimensi yang lebih lebar daripada genteng biasa sehingga menghemat penggunaan reng.



Sayangnya Holcim belum memiliki produk kerangka atap seperti aluminum, besi dan sebagainya. Hal menarik lain adalah kemungkinan Holcim membantu dalam masalah pendanaan pembangunan rumah, dimana kerjasama dengan bank BRI bisa dilakukan untuk proses KPR. Bahkan bila Anda hanya memiliki lahan saja untuk dibangun rumah, bisa menggunakan sertifikat lahan tersebut sebagai jaminan bank untuk KPR Anda. Tentunya hal ini menguntungkan agar kita bisa mendapatkan kredit Renovasi yang sudah bisa diperkirakan biaya keseluruhannya dengan mudah. Kredit renovasi bisa diajukan untuk nilai minimum Rp10juta dan minimum Rp30juta untuk membangun rumah baru.

Holcim juga memiliki skema 'rumah tumbuh' yang dimulai dengan sangat sedikit biaya. Rumah tipe 21 bisa dibangun di awal dengan hanya 1 ruang tamu, 1 ruang tidur, dan 1 kamar mandi. Semuanya dalam bentuk modular yang bisa dikembangkan menjadi rumah yang lebih besar dengan sistem konstruksi terstandar mutunya. 

astudio bisa membantu Anda mendesain dengan spesifikasi dari material prefab Holcim, caranya, dengan mengkonsultasikan rumah Anda, yang akan dibuat berdasarkan spesifikasi bahan dari Holcim. Bila Anda tertarik untuk menggunakan 'Solusi Rumah' dari Holcim, silahkan mendatangi gerai terdekatnya yang bisa dilihat melalui website www.membangunbersama.com

________________________________________________

by Probo Hindarto
© Copyright 2010 astudio Indonesia. All rights reserved.

'Solusi Rumah' dari Holcim, cara cepat dan mudah membangun rumah prefab Share on...

0 comments on 'Solusi Rumah' dari Holcim, cara cepat dan mudah membangun rumah prefab :

Post a Comment and Don't Spam!