Penggunaan gypsum untuk plafon dan partisi/ Use of gypsum for ceiling and partition

Karina 09'0904 - 03
astudioarchitect.com Gypsum adalah jenis material tergolong baru yang makin sering digunakan, baik untuk plafon, partisi, maupun menutupi bagian-bagian rumah agar terlihat lebih baik. Material gypsum termasuk material yang fleksibel dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan karena sifatnya yang mudah dipotong dan dibentuk dalam berbagai macam cara, karena itu bisa memungkinkan bentuk berlubang lingkaran, oval, dan sebagainya. Gypsum lebih banyak dipilih karena kelebihannya diantaranya yaitu menghasilkan langit-langit yang rata yang terlihat seakan-akan tanpa sambungan. 

Gypsum is a relatively new type of material is more frequently used, both for ceilings, partitions, or cover the parts house to make it look better. Gypsum material including materials that are flexible and can be used for various purposes because it is easily cut and shaped in various ways, because it could allow a hollow circle, oval, and so forth. More gypsum, were chosen because of its advantages to produce a flat ceiling that looks as if without a connection.



The never ending drywall adventure.
The never ending drywall adventure. by hatdow, on Flickr

Kita bisa mengatur tinggi langit-langit agar ruangan menjadi lebih dingin dengan plafon gypsum. Selain sebagai plafon, gypsum dapat dipakai sebagai dinding partisi yang sering dipakai di apartemen, mall, kantor ,pabrik dan bangunan lainnya. Gypsum dipilih banyak orang karena disamping harganya yang cukup murah pemasangannya mudah karena bahannya yang ringan sekitar 20 % dari berat dinding batu bata. Sifatnya yang ringan memudahkan pemasangannya sehingga proyek pembangunan menjadi lebih cepat dan menghemat biaya. Gypsum yang dapat menjadi bentuk yang diinginkan seperti bentuk lengkungan, tidak dimiliki bahan lainnya yang kaku dan tidak sefleksibel gypsum. Hal ini menjadikan disain yang sukar diterapkan menjadi mungkin dan mudah dikarenakan bahan gypsum yang fleksibel. Selain ringan gypsum memiliki kelebihan yaitu sifat materialnya yang tahan api yang tentunya menjadi faktor utama dalam keamanan dan keselamatan jiwa penghuni rumah. Ruang yang kedap suara juga dapat dipenuhi dengan pemakaian gypsum karena dapat dilengkapi dengan insulasi diantara partisi gypsum untuk meredam suara.

We can adjust the ceiling height so that the room get colder with gypsum ceiling. In addition to the ceiling, gypsum can be used as a partition wall which is often used in apartments, malls, offices, factories and other buildings. Gypsum is selected by many people because the price is cheap enough and easy to install, the material is lightweight approximately 20% of the weight of a brick wall. Its lightweight construction makes it easy to install so that the project becomes faster and save costs. Gypsum which can become the preferred form as the form of arches, not owned by any other material which are rigid and not flexible as gypsum. To apply curved designs are possible and easy because gypsum is a flexible material. In addition to its lightweightness, gypsum has the advantages of fire-resistant properties of the material which would be a major factor in the security and safety of home occupants life. Soundproof room that can also be fulfilled with the use of gypsum as can be equipped with insulation between gypsum partition to muffle the sound.

Foz Palace
Penggunaan Gypsum untuk langit-langit bisa mencapai tingkat kerumitan yang sangat tinggi, karena bisa dibentuk dan dicetak (Foz Palace by F.lopes´s Album, on Flickr)

Gypsum bisa menghasilkan langit-langit dan partisi yang rata, Berbeda bila kita memakai bahan triplex atau GRC yang lama kelamaan akan terlihat jelas sambungannya setelah kurang lebih 6 bulan setelah hari pemasangannya. Kelebihannya dalam perubahan suhu yang drastis gypsum dapat mengatasinya dengan mudah karena tidak gampang memuai. Selain itu bahan gypsum bila mengalami kerusakan dapat didempul/diganti sebagian sehingga lebih ekonomis dan efisien.

Salah satu masalah yang sering terjadi, gypsum rentan akan air, karena itu hanya sesuai untuk penggunaan indoor (interior). Disamping sifatnya yang rentan air dan mudah menyerapnya sehingga menjadi lembap yang seiring waktu gypsum juga bisa retak dan pecah karena itu kita perlu berhati-hati dan memperhatikan kondisi gypsum, terutama yang dipakai untuk plafon.

Gypsum dapat dipasang dengan beberapa cara antara lain dengan menggunakan rangka kayu diserut, bila memakai kayu bekas tentunya akan lebih murah, dengan Metal stud (batang baja), atau yang paling sering digunakan adalah dengan rangka besi hollow 4x4 cm atau 2x2 cm, dengan cara dirangkai dengan disekrup yang panjangnya 25 mm dan 45 mm, dan tentunya bahan utamanya yaitu panel gypsum 9 mm atau 12 mm. Tidak lupa bila ingin diisi dengan bahan isolator dan terakhir sebagai finishingnya dapat dicat menurut keinginan.

Google search on 'dinding gypsum'

Gypsum can be produced at the ceiling and a flat partition, if we use triplex board that over time the connections will be obvious after approximately six months after the day of installation. The surplus in the gypsum is its resistance of drastic temperature changes because it is not easy to expand. Also if damaged gypsum material can be replaced in part so that it is more economical and efficient.

One problem that often occurs, gypsum is vulnerable to water, that is why it is only suitable for indoor use (interior). In addition to the vulnerable nature of water and easily absorbed, over time become damp gypsum that could also crack and break, that is why we need to be careful and pay attention to the condition of gypsum, primarily when used for the ceiling.

Karina 09'0904 - 03
Karina 09'0904 - 03 by studio-d

Gypsum can be mounted in several ways such as by using planed timber framework, when using the used timber it would certainly be cheaper, with a metal stud (steel rods), or the most often used with hollow metal frame 4x4 cm or 2x2 cm, arranged by with screws whose length is 25 mm and 45 mm, and of course the main ingredient of the gypsum panels 9 mm or 12 mm. It can be filled with insulating material and last as a finishing can be painted as you wish.
________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2010 astudio Indonesia. All rights reserved.

Penggunaan gypsum untuk plafon dan partisi/ Use of gypsum for ceiling and partition Share on...

0 comments on Penggunaan gypsum untuk plafon dan partisi/ Use of gypsum for ceiling and partition :

Post a Comment and Don't Spam!