Using Rainwater Barrels for Daily Use / Menggunakan tangki tadah hujan untuk kebutuhan sehari-hari

photo.jpgastudioarchitect.com Rain is a gift that descended from heaven for the earth and our use. Although sometimes the value of the rain water that falls from the sky is much ignored, it can also be a lot of advantages if we could use it. Instead of using clean water for less important needs, the rain water can be gathered and uses for daily needs, such as for watering plants, washing objects, flush toilets water, and so on.

Hujan adalah anugerah yang turun dari langit untuk kita gunakan dan kita nikmati. Meskipun kadang nilai dari air yang turun dari langit ini banyak kita abaikan, ternyata hujan juga bisa memberikan banyak keuntungan bila kita bisa menggunakannya. Daripada menggunakan air bersih untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting, air hujan bisa kita tampung dan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, misalnya untuk menyiram tanaman, mencuci benda-benda, menjadi air untuk membilas toilet, dan sebagainya.




photo.jpg
Purchase of daily water for above purposes is of course a bit a waste of money, because it is more economical and environmentally friendly to use collected rainwater. A very easy way so that we can use rain water for daily use is to contain it in rain barrels. By using rain water barrels, we can do 'rain harvesting' that collects rain water in the tank.

The system used is very simple, by collecting water from the roof to the rainwater barrels. The tanks can be placed above ground level, slightly raised so that water can still flow through the pipeline by gravity force to water the plants or other purposes. There is a direct conduit and pipes to drain rainwater if the tank is full, so the water does not overflow.

We can use home made rain water barrels, or a modified tank, or buy from rain barrels for sale on the market. In essence, the tank must be able to function as rainwater collector. Want to try?

Daripada membeli air bersih untuk keperluan tersebut diatas, lebih hemat dan ramah lingkungan untuk menggunakan air hujan yang dikumpulkan. Cara yang sangat mudah agar kita bisa menggunakan air hujan untuk keperluan sehari-hari adalah dengan menampungnya dalam bak penadah. Dengan menggunakan bak tadah hujan, kita bisa melakukan 'panen hujan' yaitu mengumpulkan air hujan dalam bak tersebut.


Sistem yang digunakan sebenarnya sangatlah sederhana, yaitu dengan mengalirkan air dari atap ke bak tadah hujan. Bak ini diletakkan diatas level tanah, sedikit diangkat sehingga air masih bisa mengalir lewat pipa karena gravitasi untuk menyirami tanaman atau keperluan lainnya. Terdapat pipa penyalur langsung ke saluran pembuangan seandainya bak tadah hujan sudah penuh, sehingga airnya tidak meluber.


Kita bisa menggunakan bak tadah hujan buatan sendiri, bak atau tangki yang dimodifikasi atau membeli dari tangki yang dijual di pasaran secara khusus. Pada intinya, sebuah bak atau tangki harus dapat berfungsi sebagai tadah hujan. Ingin mencoba?


________________________________________________

by Probo Hindarto

© Copyright 2010 astudio Indonesia. All rights reserved.

Using Rainwater Barrels for Daily Use / Menggunakan tangki tadah hujan untuk kebutuhan sehari-hari Share on...

0 comments on Using Rainwater Barrels for Daily Use / Menggunakan tangki tadah hujan untuk kebutuhan sehari-hari :

Post a Comment and Don't Spam!