Arsitektur Antonio Gaudi. Belajar dari maestro arsitektur organik penuh dedikasi

la pedrera[artikel khusus] astudioarchitect.com Antonio Gaudi adalah arsitek abad ke-19 yang gemar menggunakan gaya arsitektur Art Noveau yang banyak menggunakan unsur dekorasi dengan gaya gothic yang dikembangkannya sediri dengan pengaruh bentuk-bentuk organik seperti sulur tanaman dan garis-garis bidang yang tidak beraturan. Gaudi menganggap dirinya sebagai orang yang membuat sculpture, mengingat keluarganya adalah pengrajin logam.

Karya Gaudi menonjol dalam penggunaan ornamentasi serta bentuk bentuk yang menyerupai keadaan alam seperti gua, tebing serta unsur lengkung tanaman dan geometri. Karya Gaudi banyak yang terinspirasi dari gaya arsitektur Moore yang dikembangkan lagi dengan sentuhan gothic dan art noveau. Apabila diperhatikan, bangunan yang didesain Gaudi tidak nampak mirip dengan bangunan-bangunan pada masanya yang berkembang di Barcelona maupun Eropa. Beberapa diataranya menjadi bangunan yang seperti gua diantara bangunan lainnya, dengan lengkung dan lekuk dekoratifnya, misalnya Casa Batllo dan Casa Mila.

la pedrera
Casa Mila, Apartemen yang didesain oleh Gaudi di Barcelona


Dua karya Gaudi yang menurut saya menakjubkan adalah Casa Mila dan Sagrada Familia. Ciri khas Gaudi yang paling mendasar bisa kita temukan pada kedua karya ini, yang menunjukkan kualitasnya pada ornamentasi art noveau yang dikembangkannya sendiri.Casa Mila merupakan bangunan apartemen di sebuah lahan pojok di Barcelona.

Street View Casa Mila
Anda bisa seakan-akan berada didepan bangunan Casa Mila, gerakkan cursor Anda pada gambar dibawah ini.


View Larger Map

Pada karya-karya Gaudi, selalu terdapat kombinasi dari seni, teknis dan kerajinan.

Pada sisi seni, tidak dapat diragukan melalui karyanya, Gaudi menjadikan seni masuk lebih dalam melalui bentukan komposisi geometris dan organis. Bahkan hingga saat ini, keberadaan komposisi desain yang menggunakan bentuk-bentuk organis selalu mendapatkan tempat, barangkali karena bentuk organis selalu mengingatkan kita pada keajaiban-keajaiban alam seperti gua besar, stalagtit dan stalagmit, gunung, bukit, lahar, danau dan lautan. Karya Gaudi pada masanya mungkin akan tepat untuk dilihat seperti karya Zaha Hadid pada masa sekarang ini, karena terobosan bentukan organisnya. Saat semua arsitek terpaku pada bentuk-bentuk arsitektur neo klasik, Gaudi sudah melampaui masanya dengan memasukkan geometri yang tak tertentu melalui bentuk-bentuk organik, yang pada akhirnya akan menginspirasi arsitek-arsitek lainnya seperti Frank Lloyd Wright.

Pada sisi teknis, perpaduan seni dan teknik konstruksi bangunan Gaudi ditunjang oleh pengetahuan strukturnya yang tinggi. Teknik yang digunakan untuk membuat struktur bangunannya terinspirasi oleh bentukan-bentukan di alam seperti gua, tanaman dengan struktur penopangnya, atau manusia dengan tulang-tulangnya. Kemampuan ini menjadikan Gaudi dapat menterjemahkan bentukan imajinatif dalam struktur bangunan, misalnya balustrade besi yang terlihat seperti tanaman menjalar, atau struktur roda yang diimplementasikan pada Casa Mila.

Pada sisi kerajinan, jelas bahwa craftmanship yang diturunkan dari keluarganya berpengaruh besar pada gaya arsitektur dan cara Gaudi mendesain. Struktur sebagai tulang dan kulit bangunan sebagai facade yang tampak, memjadikan Gaudi berhati-hati dengan apa yang terlihat dari luar, yang pada dasarnya merupakan kerajinan tangan yang tidak terpaku benar pada sistem konstruksi, modular, ataupun sistem struktur yang baku.

Street View Sagrada Familia
Anda bisa seakan-akan berada didepan bangunan Sagrada Familia, gerakkan cursor Anda pada gambar dibawah ini.


View Larger Map

Holy
Sagrada Familia, gereja di Barcelona yang didesain Gaudi

Sagrada Familia interior
Tidak hanya eksteriornya yang dekoratif dengan bentuk organis dan geometris, interiornya pun juga demikian.

Sagrada Familia merupakan contoh arsitektur yang indah, monumental dan akan dikenang sepanjang masa. Pada proyek ini, dedikasi Gaudi dicurahkan hingga akhir hayatnya. Karena keseriusannya dalam menjalani dedikasi demi proyek gereja ini, Gaudi rela untuk menjadi sangat miskin, hingga akhirnya tertabrak kendaraan yang lewat didepan gereja ini. Sagrada Familia juga belum selesai pembangunannya hingga saat ini.
________________________________________________

oleh Probo Hindarto


ENGLISH VERSION:
Antonio Gaudi was an architect of the 19th century, who liked to use architectural style that many uses art Noveau decorative elements in the developed Gothic style with his own influences of organic forms like vines and plant lines of irregular forms. Gaudi considers himself as someone who makes sculpture, since his family was a metal craftsman.

Gaudi's work stands out in the use of ornamentation and the shape of which resembles the natural wonders such as caves, cliffs and curved elements and plant geometry. Gaudi's work inspired by many of Moore's style of architecture which is developed again with a touch of gothic and art noveau. Gaudi designed buildings that do not appear similar to the buildings of its time developed in Barcelona and Europe. Some of them looks like cavernous building among other buildings, with curved and decorative ornaments, such as the Casa Batllo and Casa Mila.

Two of Gaudi's work which I think are amazing, are Casa Mila and the Sagrada Familia. The characteristics of the most fundamental Gaudi can be found in both these works, which indicates the quality of art noveau ornamentation developed by himself. Casa Mila is an apartment building on a corner in the Barcelona area.

In the works of Gaudi, there is always a combination of artistic, technical and craftmanship.

On the art side, no doubt through his work, Gaudi makes art go deeper through the formation of geometric and organic composition. Even until today, the existence of design compositions using organic forms always have a place, perhaps because the organic forms always remind us of the wonders of nature like a big caves, Stalactite and stalagmites, mountains, hills, lava, lakes and oceans. Gaudi's work in his time might be appropriate to look like the work of Zaha Hadid at the present time, because the breakthrough formation. When all the architects focused on the forms of neo-classical architecture, Gaudi had exceeded his time by entering a particular geometry with organic forms, which in turn will inspire other architects like Frank Lloyd Wright.

On the technical side, the blend of art and construction techniques in Gaudi structure supported by high knowledge. The technique used to make the building structure was inspired by formations in nature such as caves, plants with its structure, or human bones. This capability helps Gaudi makes imaginative formation of structures, such as iron balustrade that looks like vines, or the wheel structure that is implemented in the Casa Mila.

On the side of craftmanship, it is clear that the craftmanship is derived from his family's great influence on the style of Gaudi architecture and design means. As bone structure and skin facade buildings as the looks, Gaudi would be careful with what looked from the outside, which is basically a craft that is not fixed properly on the system construction, modular, or system of standard structures.

Sagrada Familia is a beautiful example of architecture, monumental and will be remembered for all time. In this project, Gaudi devoted dedication until his death. Because the seriousness of the project lead for the dedication of this church, Gaudi would have to be very poor, until eventually hit by a vehicle passing in front of this church. Sagrada Familia is not completed until today.

________________________________

By Probo Hindarto

© Copyright 2009 astudio Indonesia. All rights reserved.

Arsitektur Antonio Gaudi. Belajar dari maestro arsitektur organik penuh dedikasi Share on...

0 comments on Arsitektur Antonio Gaudi. Belajar dari maestro arsitektur organik penuh dedikasi :

Post a Comment and Don't Spam!