Lemari Build in: Salah satu solusi ruangan yang praktis dan pas

astudioarchitect.com Tips interior Salah satu solusi untuk memaksimalkan ruang dalam rumah yang simple dan modern adalah dengan menggunakan furniture yang tepat guna. Menyambung artikel sebelumnya tentang furniture multi fungsi, dalam artikel ini dibahas lebih jauh tentang furniture lemari build in.

One solution to maximize space in a simple house and cozy one is to use appropriate furniture. Connecting the previous article about the multi-functional furniture, this article discussed more about the build in cabinet furniture.

Sebuah lemari pajangan build in; lebih sesuai karena ukurannya pas.
Foto oleh Probo Hindarto. Arsitek: Yudianto

Rumah yang kecil membutuhkan furnitur yang simpel seperti lemari built in, yaitu lemari yang dibuat dengan pas seukuran dinding atau coakan (dinding yang masuk) dinding. Misalkan untuk dinding ruangan berukuran 3x3m maka kita dapat memasang lemari build in seukuran dengan luas dinding tersebut. Lemari seperti ini sangat sesuai dengan ruangan apapun, karena dibuat khusus untuk ruangan. Di toko-toko, ada pula lemari build in yang memang sengaja dibuat untuk ukuran ruang tertentu, namun biasanya tidak pas benar.

Dimana meletakkan lemari build in?
Lemari build in dapat dibuat di:
  • ruang tidur, sebagai lemari penyimpan baju dan benda-benda lainnya
  • dapur, sebagai penyimpan peralatan memasak,
  • ruang tamu, sebagai penyimpan buku-buku
  • kamar mandi, sebagai penyimpan peralatan mandi
  • ruang keluarga, sebagai penyimpan mainan anak-anak, buku dan lain-lain.
  • garasi, sebagai penyimpan perkakas atau peralatan untuk mobil

Lemari bisa terdiri dari rak terbuka atau tertutup, dengan sekat-sekat papan yang memisahkan jenis benda yang kita simpan. Hal seperti ini sangat dianjurkan untuk ruangan tertentu seperti ruang keluarga, agar barang tidak berserakan di ruangan. Barang yang sering digunakan dapat diletakkan di rak yang terbuka, sedangkan barang yang jarang digunakan dapat diletakkan di rak tertutup. Alat-alat atau obat-obatan berbahaya dapat dipisahkan dari jangkauan anak kecil. 


Sebuah contoh ruangan dan lemari build in yang dirancang astudio. Ruangan menjadi makin efektif.

Small house needed furniture that can be as simple as a built in cabinet, the cabinets are made with the right size or hole walls (walls that go) wall. For a wall-sized 3x3m room, we can set build in cupboard with an area the size of the wall. This cupboard is in accordance with any room, because it was made specially for the room. At the shops, there are build in cupboards that are deliberately created for a particular room size, but usually do not fit properly.


Where to put the build in cupboards?

Build in cabinets or cupboards can be made at:

    * The bedroom, as a clothes closet and other things
    * The kitchen, as a store of cooking equipment,
    * Living room, as a store of books
    * Bathroom, as a store toiletries
    * Family room, as a store of toys, books and others.
    * Garage, as a store of tools or equipment for cars

Cupboard shelf can consist of open or closed, with the insulation boards that separate types of things that we keep. It is highly recommended for certain rooms such as living room, so that goods are not strewn across the room. Frequently used items can be placed on open shelves, while rarely used items can be placed on closed shelves. Equipment or dangerous drugs may be separated from the reach of small children.



Membuat Lemari Build in
Untuk membuat lemari build in kita dapat menyesuaikan bentuk dan ukuran lemari sesuai kondisi ruangan. Ukuran yang tepat saat mengukur sebelum kita memesan ke tukang, harus diperhatikan agar pesanan kita dapat dibuat oleh tukang kayu persis sesuai ukuran dan model yang kita inginkan. Kita dapat mengisi seluruh dinding dengan lemari built in, atau hanya sebagian saja.

Biasanya, akan jauh lebih baik bila lemari build in dibuat dengan rencana jauh hari saat rumah kita desain, atau direnovasi. Misalnya, kita bisa merencanakan dahulu letak dan ukuran lemari build in dalam kamar-kamar, dengan coakan atau pergeseran dinding yang sesuai untuk lemari tersebut.

Bagaimana? Menarik bukan?

Make a Build in Wardrobe cupboard

To create a build in cupboard we can adjust the shape and size of the cabinet according to the condition of the room. The right size can be measured before we ordered from the builders, should be noted that our orders can be made by a carpenter and fit exactly the model we want. We can fill the entire wall with built in cupboards, or only partially.

Normally, it would be much better if the cabinet is made with the build in cupboards an cabinets, in advance of a plan when we design houses, or renovating. For example, we can plan the location and size of build in cupboards in the rooms.


_______________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

Lemari Build in: Salah satu solusi ruangan yang praktis dan pas Share on...

0 comments on Lemari Build in: Salah satu solusi ruangan yang praktis dan pas :

Post a Comment and Don't Spam!