Tentang Probo Hindarto dan astudio


astudio adalah biro arsitek yang berdiri pada Maret 2005. Misi kami adalah mendesain bangunan-bangunan yang dibutuhkan masyarakat seperti rumah tinggal, kantor, ruko, dan sebagainya. Kami juga dapat menjadi bagian dari tim arsitek yang lebih besar untuk proyek yang lebih besar pula, seperti spa, pusat perbelanjaan, taman ria, kantor sewa, dan sebagainya.

Kebanyakan desain kami adalah rumah tinggal berbagai tipe. Secara pribadi, nama saya adalah Probo Hindarto, saya adalah arsitek yang ’selalu turut serta’ dalam desain-desain di astudio. Dalam hal ini saya dibantu beberapa orang yaitu teman2 yang bersama-sama merintis konsultan desain ini. Workshop saya adalah sebuah workshop kecil, dimana sebenarnya saya kadang bekerja disana dengan rekan kerja, kadang diluar dengan laptop saya, bekerja diluar saya rasa dapat memberikan inspirasi lebih banyak dan saya dapat berdiskusi dengan teman-teman saya sesama arsitek.


gambar kiri: saya sedang berkunjung ke salah satu bangunan candi. Saya sangat menyukai candi :)


Tentang mendesain bangunan, setiap klien adalah unik, dan kadang dalam proses sebuah karya hadir dibutuhkan waktu agar proses desain menjadi maksimal. Proses konsultasi biasanya berulang-ulang hingga desain mencapai taraf tertinggi dari segi kenyamanan, kesehatan bangunan dan sebagainya.

rumah probo

diatas adalah gambar salah satu desain yang saya kerjakan di astudio.

Saya selalu berusaha menghadirkan iklim desain yang baik, dimana arsitek dan klien adalah sahabat yang bertukar-pikiran tentang desain. Tidak ada desain yang bisa dicapai dengan terburu-buru, sehingga sering saya mencoba meyakinkan klien bahwa desain yang baik adalah desain yang matang, bukan desain yang sekedar ‘bagus’.
Selain itu, saya juga menulis buku, antara lain;
  • buku ‘Inspirasi Rumah Sehat di Perkotaan’
  • buku ‘Warna untuk Desain Interior’
  • buku ‘Rumah bergaya Arsitektur Mediterania dan Klasik’
buku rumah sehat   buku warna untuk desain interior   buku rumah mediterania dan klasik

Diatas adalah cover buku-buku hasil tulisan saya yang dapat Anda temui di toko-toko buku seperti Gramedia, Toga Mas, Kharisma, Gunung Agung, dan sebagainya. Selain itu sebenarnya saya juga menulis buku tentang tutorial komputer.
semua buku itu dan buku-buku selanjutnya yang ingin saya tulis adalah wujud dari keinginan saya untuk menjadi arsitek yang baik, sekaligus memberikan wacana arsitektur rumah tinggal yang lengkap bagi seluruh pembaca sekalian. Sehingga, tidak saya saja yang berkembang, para pembaca juga semakin mengerti lebih jauh tentang rumah tinggal.



Memang saya seorang laki-laki, dan pendekatan perancangan saya lebih kepada desain eksterior sebagai ‘framing’ dari sebuah rumah. Namun desain interior saya juga tidak kalah banyaknya dan saya selalu berusaha belajar terus dari setiap desain yang saya buat, selain itu desain saya dapat menyentuh baik sisi ‘kuat’ dan ‘lembut’ dari karakter desain saya. Dalam website www.astudio.id.or.id dapat Anda temukan lebih banyak karya-karya desain saya dan teman-teman di astudio.

Semoga website ini dapat memberikan manfaat bagi Anda, saya dan seluruh pengunjung weblog astudio sekalian. Salam dari saya dan terimakasih…. :D


________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

Tentang Probo Hindarto dan astudio Share on...

0 comments on Tentang Probo Hindarto dan astudio :

Post a Comment and Don't Spam!