Rumah dua lantai beratap miring

astudioarchitect.com Desain rumah ini ditanyakan oleh Bapak Anies Winarso dari Semarang yang saya buat untuk konsultasi di koran Seputar Indonesia. Berikut ini pertanyaan Beliau:
Bersama ini saya sampaikan bahwa saya mempunyai lahan / tanah dengan luas 236 m2 (lebar depan : 8m, dan panjang ke belakang : 29,5m). Adapun rencana planning saya dalam pembangunan rumah nantinya (perkiraan 1-2bln kedepan) akan kami bangun +/- 144m2 ( 8m x 18m ) dari lahan tersebut (menyisakan halaman depan 5,5m dan belakang 6m)





 rincian (denah 2 lantai) sbb :

1).  4 kmr tdr (1 kmr tdr utama + 2 kmr tdr anak + 1 kmr tdr tamu), kmr mandi dlm dan luar. (lantai dasar/lantai 1 = 1 kmr tdr tamu dan kmr utama)
2).  1 kmr tdr pembantu
3).  Ruang tamu
4).  Ruang keluarga
5).  Mushola
6).  Dapur
7).  Taman dlm rumah + kolam ikan ada air terjun / waterfall )
8).  Teras dan Taman depan rumah dan belakang
9).  Garasi mobil
10). Tampat cuci jemur.

Mungkin bapak punya gambar denah yang sekiranya bagus - bagus dan menarik ataupun saran2 bapak yang sekiranya cocok untuk pengalokasian luas lahan yang rencana saya bangun tersebut nantinya . Mohon sekiranya dapat membantu dalam pembikinan denah tersebut. Atas perhatiannya saya ucapakan banyak terima kasih.

Salam,
Anies Winarso
Semarang

--------------------------------------------------

Jawaban:


 Dear Bapak Anies Winarso,
Terimakasih atas pertanyaan Bapak. Untuk lahan yang seluas ini banyak pilihan konfigurasi ruang yang bisa dibuat, dan salah satunya adalah desain denah yang saya buat ini. Semua kebutuhan ruang sudah saya masukkan, dengan tidak ada masalah. Hanya saja di bagian belakang jadi lebih kecil dari perkiraan 6 meter panjang taman kearah belakang. Adanya beberapa taman kecil yang memiliki bukaan ke atas (tanpa atap) bisa menjadi solusi untuk memasukkan pencahayaan dan penghawaan alami untuk ruang-ruang dalam rumah. Taman dalam sebaiknya tidak ditutup seluruhnya, namun harus memiliki akses ke sinar matahari dan udara luar agar rumah tetap sejuk dan nyaman.

Desain tampilan depan rumah merupakan desain sederhana dengan bentuk atap miring yang mungkin memerlukan talang. Secara umum, bentuk desain rumah ini mengikuti fungsi ruang-ruang didalamnya sehingga lebih efektif.

Demikian jawaban dan desain saya,
semoga bisa membantu Bapak dalam merencanakan dan membangun.

Salam,

Probo Hindarto



________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2011 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Rumah dua lantai beratap miring Share on...

0 comments on Rumah dua lantai beratap miring :

Post a Comment and Don't Spam!