Sanitasi dalam rumah dan penyakit yang berhubungan dengan sanitasi



astudioarchitect.com Untuk hidup dalam rumah atau bangunan lain secara normal, kita membutuhkan makanan, udara, air, dan sebagainya. Namun yang tak kalah pentingnya: kita juga membutuhkan sanitasi, yaitu sistem drainase untuk menghindarkan manusia dari bahaya kuman dan penyakit yang ditimbulkan oleh sampah dan limbah. Manusia sangat rentan untuk terjangkit penyakit dalam tubuh disebabkan oleh bakteri dan virus. Sampah dan limbah mengandung mikro organisme penyebab penyakit yaitu bakteri dan virus, sedangkan jenis limbah ini termasuk limbah dari WC, kamar mandi, dapur. Adapun sanitasi juga mencakup pembuangan air hujan dalam sistem perpipaan drainase.

3D image Some rights reserved by jinkazamah on Flickr


Cakupan dari sanitasi antara lain
- memastikan bahwa makanan dan minuman yang kita konsumsi bebas dari bakteri dan virus penyebab penyakit.
- mengolah limbah melalui berbagai sistem, misalnya tangki septik (septic tank), sumur resapan, bak penangkap lemak untuk bekas cuci piring.
- pengaturan penghawaan alami untuk mengalirkan udara dalam ruangan menjadi bebas mikroorganisme penyebab penyakit, disebut juga dengan ventilasi.
- desain bangunan dan lingkungan yang bisa memaksimalkan fungsi sinar matahari untuk membunuh kuman disekitar bangunan atau rumah
- desain bangunan dan lingkungan yang menghindarkan dari hewan pembawa penyakit, seperti tikus, nyamuk, lalat, kecoa, dan sebagainya.
- fasilitas untuk mencuci, seperti mencuci baju, peralatan masak, termasuk ‘mencuci badan’ yaitu mandi, serta mencuci benda-benda lainnya.

Some rights reserved by World Bank Philippines on Flickr

Sanitasi yang tidak baik bisa berakibat fatal, seperti ventilasi penghawaan yang kurang baik menyebabkan lembab, bisa menyuburkan tumbuhnya bakteri yang menyebabkan TBC (tubercolose). Bila peralatan memasak, mencuci dan makan kurang bersih, bisa menyuburkan dan menyebarkan virus Hepatitis (biasanya penyebaran cukup cepat di rumah makan atau warung yang kurang terjaga kebersihannya dan cara mencucinya). Demikian juga dengan penyakit typhus yang disebabkan oleh bakteri Salmonella, penyebarannya adalah melalui peralatan makanan seperti piring dan gelas terutama yang dipakai oleh mereka yang terinfeksi.

Kitchen sink
Some rights reserved by Ian Haycox on Flickr


Beberapa penyakit akibat sanitasi yang kurang baik:
- Tubercolosis (TBC)
- Hepatitis
- Typhus (tipus)
- malaria
- demam berdarah
- sakit perut (diare)
- dll, penyakit yang disebabkan perkembangbiakan bakteri dan virus dalam area bangunan

Pada kesempatan lain insya Allah saya akan membahas tentang sanitasi dan drainase lebih mendalam. Salam :)
________________________________________________
by Probo Hindarto

© Copyright 2010 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Sanitasi dalam rumah dan penyakit yang berhubungan dengan sanitasi Share on...

0 comments on Sanitasi dalam rumah dan penyakit yang berhubungan dengan sanitasi :

Post a Comment and Don't Spam!