Tips dan Trik mengajukan KPR yang berhasil / Trick to be eligible for mortgage

astudioarchitect.com KPR (Kredit Pemilikan Rumah) merupakan cara bagi calon pemilik rumah yang belum bisa membayar tunai pembelian rumah, dengan cara kredit. KPR semakin populer karena kebutuhan yang mendesak akan kepemilikan rumah tinggal. Harga rumah juga semakin meningkat harganya dibandingkan tahun-tahun sebelumnya sehingga KPR adalah pilihan. Masyarakat yang ingin membeli rumah dengan cara mengkredit memiliki keuntungan karena rumah dapat ditinggali sejak awal mencicil, dan inilah nilai plus KPR.

Housing Credit is a way for prospective home owners who can not pay cash to purchase a house, by way of credit. Mortgages are becoming increasingly popular because of the urgent need for housing ownership. House prices also increased its price compared to previous years so mortgage is an option. Everyone who wants to buy a house in a way of crediting has the advantage because the house can be inhabited since the early installments of the credit, and this a plus value of mortgage.



Tentang KPR
KPR memungkinkan kita mendapatkan rumah yang disesuaikan dengan kemampuan dimana harga rumah tergantung lokasi, spesifikasi bangunan atau fasilitas dan keunggulan lainnya. Sedangkan kerugiannya bila kondisi keuangan mengharuskan tidak dapat meneruskan pembayaran angsuran, maka rumah tersebut dapat dicabut kepemilikannya. Kerugian lain adalah banyaknya biaya yang harus ditanggung oleh pemohon seperti biaya appraisal, biaya notaris, biaya provisi bank, biaya asuransi kebakaran, dan biaya premi asuransi jiwa selama masa pelunasan kredit berlangsung.

Untuk mendapatkan KPR kita harus menyiapkan proses mengajukan permohonan kredit kepemilikan rumah kepada bank, dimana biasanya sudah dipandu oleh pengembang. Pemohon harus memenuhi persyaratan yang diajukan oleh bank dan melaksanakan isi perjanjian. Ketika salah satu dari persyaratan itu ada yang tidak dapat dipenuhi maka permohonan KPR akan ditolak.

Jenis KPR yang ada saat ini adalah KPR subsidi dan non subsidi. KPR subsidi dimaksudkan bagi rumah-rumah RSH dengan harga maksimum tertentu sehingga terjangkau bagi kalangan ekonomi menengah kebawah. Limit kredit maksimum adalah Rp 55 juta untuk RSH, dimana pemohon memiliki penghasilan per bulan maksimum sekitar Rp2 - 2,5 juta. KPR yang diatur oleh negara yaitu KPR subsidi mengharuskan peminjam memberikan surat keterangan mengenai penghasilan perbulannya dan maksimum kredit yang dimilikinya.


Keperluan KPR sekarang dapat berupa pembelian rumah, atau untuk pembangunan rumah atau bahkan untuk perbaikan rumah. Berikut yang harus dipersiapkan dalam mengajukan KPR


  • Pilihlah secara cermat rumah yang akan ditempati dan menurut anda dan bank cocok untuk dijadikan pengajuan KPR seperti keadaan rumah, lokasi rumah, lingkungan sekitar, dan sebagainya.
  • Telitilah sebelum membeli rumah baik keabsahan sertifikatnya dan IMB induknya apakah cocok dengan kenyataan di lapangan.
  • Ijin peruntukan tanah dan fasilitas yang ada, keadaan tanah, ijin lokasi, tata guna lahan, site plan dan sertifikat tanah minimal SHGB atau HGB yang syah perlu dipertanyakan bila membeli rumah dari pengembang perumahan.
  • Mengenal lebih dekat tentang kredibilitas pengembang atau pemilik rumah.
  • Membuat anggaran yang diajukan dengan pendapatan yang anda terima setiap bulan apakah sesuai dengan aturan bank tersebut atau belum
  • Selalu mempersaksikan pada notaris untuk transaksi jual beli bila status rumah atau tanah tersebut masih menjadi jaminan pinjaman di bank tertentu agar dapat dipertanggung jawabkan perjanjian diatas materai tidaklah cukup menjadi bukti bagi bank untuk diakui sebagai surat kepemilikan tanah yang sah.
  • Menyiapkan uang untuk pembayaran biaya adm dan provinsi, asuransi jiwa dan kebakaran, survei, akad notaris, AJB dan balik nama, dan pajak BPHTB untuk kas negara.


Syarat mengajukan KPR
Syarat ketika mengajukan KPR usia maksimal pemohon adalah 50 tahun dan menyerahkan slip gaji atau surat lainnya yang menunjukan penghasilan perbulan. Pemohon harus mempunyai reputasi yang baik dengan bank dalam masalah perkreditan selama kurang lebih satu tahun terakhir, misalnya bagaimana penggunaan kartu kredit, atau pembelian barang lain secara kredit. Adapun cara mengajukan KPR adalah membayar uang muka rumah yang biasanya berkisar antara 10 hingga 30% dari harga rumah. Tentang uang muka kadang bisa di'nego' dengan pengembang dan bank. Oleh bank akan ditaksir berapa kredit yang berhak diterima pemohon.

(Artikel bersambung di bagian bawah...)

Mortgage credit allows us to get a home mortgage that can be adjusted to our capability to pay, in which home prices depending on location, building or facility specifications and other advantages. If financial conditions is not eligible to continue the credit payments, then home ownership may be revoked. Another disadvantage is that the amount of costs to be borne by the applicant, such as appraisal fees, notary fees, bank fees, the cost of fire insurance, and life insurance are premium costs during the loan repayment progress.

To get a mortgage we need to prepare the process of applying for mortgage loans to banks, which are usually guided by the developer. Applicant must meet the requirements proposed by the bank and carry out the agreement. When one of these requirements have not met the mortgage application will be rejected.

Type of the current mortgage is subsidized and non subsidized housing credit. Housing subsidies are intended for homes with a maximum price of certain RSH (simple healthy houseing) to be affordable for the middle-down economics. The maximum credit limit is IDR 55 million to RSH, in which the applicant has a maximum monthly income of about IDR 2 - 2.5 million. Mortgages are regulated by the state housing subsidy requires that the borrower provides a letter of credit and a maximum monthly income they have.

Mortgage purposes can now be more than for purchasing a home, it can be used to build houses or even for home improvement. The following should be prepared in the proposed mortgage


  • Pick carefully and eximine houses to be occupied by you and the bank filing suit to be made as circumstances home mortgage, home location, surrounding environment, and so forth.
  • Research before you buy a house both the validity of certificates and legal documents whether they fit with reality on the ground.
  • Permit the allotment of land and existing facilities, terrain, location permits, land use, site plan and land certificates or HGB at least a valid question to be asked when buying a house from the housing developer.
  • Know about the credibility of the developer or owner of the house.
  • Create a budget that is filed with the income you receive each month in accordance with the rules of bank
  • Always give evidence at the notary for the transaction of buying and selling a home or land if the status is still a guarantee on certain bank loans that can be accounted for agreement on stamp duty is not enough evidence for a bank to be recognized as a valid letter of land ownership.
  • Setting up the money to pay the cost of administration and provinces, and fire insurance, survey, contract, deed, AJB, and BPHTB taxes for state coffers.


Conditions when applying for mortgage loan applicants the maximum age is 50 years old and submit a paycheck or other letters that indicate the monthly income. Applicant must have good reputation with banks in credit for more than one last year, for example how to use a credit card, or purchase other goods on credit. The down payment mortgage is usually ranges between 10 to 30% of house price. Sometimes we can negotiate the down payment with developers and banks. The bank will estimate how much the applicant is entitled to credit.

Mengajukan KPR
Untuk mengajukan KPR sebaiknya dimulai dari mensurvei banyak perumahan yang dianggap cocok baik harga, lingkungan dan menghitung berapa jumlah DP yang bisa kita sediakan. Mungkin kita perlu menanyakan pada pengembang tentang proses KPR dan cara mengajukannya, biasanya pihak bank akan memberi blanko permohonan KPR untuk diisi. Pihak bank akan mendata dan menganalisa kembali untuk memastikan kebenaran isi permohonan KPR.

Beberapa surat yang akan diminta oleh bank perlu dipersiapkan seperti KTP, KK, slip gaji atau laporan keuangan, NPWP pribadi, SPT PPh pribadi, foto kopi sertifikat induk atau pecahan jika membeli dari developer dan foto kopi IMB. Setelah permohonan anda disetujui oleh pihak bank, maka anda harus mendaftarkan dan menandatangani akta jual beli dan pengurusan surat-surat kredit dan pensertifikatan di notaris.


Google search on 'KPR Perumahan'

Tidak semua permohonan KPR akan diterima dan disetujui karena ada kalanya tidak memenuhi syarat yang diajukan oleh bank seperti memiliki record yang buruk dalam masalah perkreditan di bank lain dan tidak memiliki pendapatan yang cukup untuk melunasi angsuran yang akan ditanggung selama masa berlangsung perkreditannya.

Trik yang bisa dipakai adalah dengan mengajukan KPR ke beberapa bank sekaligus, misalnya tiga bank yang terbaik dalam masalah KPR. Bila mengajukan pada terlalu banyak bank malah merepotkan Anda dalam mengurusi masalah administrasi apalagi bila ada bank yang menarik biaya administrasi untuk KPR. Bila anda menggunakan kartu kredit janganlah menunda pembayarannya usahakan selalu tepat pembayaran setiap bulan sehingga anda mendapat record yang baik dari bank dan dapat diketahui oleh bank lain dalam pengajuan kredit selanjutnya. Bila kita telah memiliki bad record atau catatan buruk dalam masalah kredit apapun dengan bank baik itu kredit rumah atau yang lain, maka tunggulah setidaknya satu tahun untuk mengajukan KPR.

Trik mengajukan KPR ke beberapa bank sekaligus memungkinkan kesempatan lain bila ada bank yang menolak pengajuannya. Permohonan bisa dilakukan saat dana mencukupi agar tidak ditolak oleh bank sekaligus sebagai citra bahwa kita dapat membayar kredit yang diajukan. Koneksi tidaklah diperlukan dalam mengajukan kredit di bank, karena biasanya menjadi kesalahan umum di masyarakat bahwa meminjam uang di bank diperlukan memiliki kawan dekat yang bekerja di bank. KPR dapat diajukan pada bank yang terbaik yang anda ketahui kelebihannya daripada bank-bank lainnya. Jalin hubungan baik dengan bank yang membantu menangani KPR kita dan memberikan keterangan keuangan dengan jujur. Rekening tabungan diusahakan bernilai 20% dari harga rumah yang akan dibeli agar pihak bank dapat meyakini anda memang layak dapat kredit. Jauhi memberikan keterangan palsu karena dapat menyebabkan kita masuk dalam black list atau daftar hitam pemohon kredit.

Applying for Housing Mortgage
To apply for a mortgage should be started from survey of residential lots that are considered suitable either the price, neighborhood and down payment that we can provide. Maybe we need to ask the developer about the mortgage process and how to present it, usually the banks will provide mortgage loan application form to be filled. The bank will record and analyze the return to ensure the accuracy of mortgage application.

Some letters will be asked by banks, need to be prepared such as citizen ID, salary slips or financial statements, personal tax ID, personal income tax returns, copies of certificates of the land if purchased from the developer and a photocopy of IMB. After your application is approved by the bank, then you must register and sign the deed of sale and purchase and maintenance of letters of credit and letters from the notary.

Not all mortgage applications will be accepted and be approved because there are times when not eligible by the bank as having a poor record in lending problems at other banks and did not have enough income to pay the installments to be paid during the period of credit.

Tricks that can be used is to ask mortgage loan to several banks at once, such as the three best banks in mortgage. When asked on too many banks it will even bother you in taking care of administrative problems, especially when some banks charge a fee for mortgage administration. If you use a credit card payment must not try to postpone payment each month is always right so you got a good record of banks and can be detected by other banks in the next credit application. If we already have a bad record or bad record in any credit problems with banks that either the home or other loans, then wait at least one year to apply for mortgages.

Tricks bank filed a mortgage to some other occasion when at the same time allowing some banks who refused submission. Application can be made when sufficient funds so as not to be rejected by the banks as well as the image that we can pay the proposed credit. Connections are not required in the proposed credit in the bank, because it usually becomes a general error in the society that borrows money in the bank is required to have a close friend who worked at the bank. KPR can be lodged on the bank of the best that you know the advantage than other banks. Establish good relationships with banks that help address our mortgage and financial testify truthfully. Cultivated a savings account worth 20% of the price of houses to be purchased so that the bank may believe you can indeed worthy of credit. Stay away from giving false information because it can cause us to go in the black list or black list of credit applicants.

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2010 astudio Indonesia. All rights reserved.

Tips dan Trik mengajukan KPR yang berhasil / Trick to be eligible for mortgage Share on...

1 comments:

Unknown said... February 18, 2015 at 12:50 PM

Aku joyce meyer. pemberi pinjaman pinjaman pribadi, yang meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari bank karena nilai kredit yang rendah, pinjaman usaha, pinjaman pendidikan, kredit mobil, kredit rumah, kredit perusahaan dan banyak lagi, atau Anda ingin membayar utang atau biaya, atau sebelum Anda telah scammed oleh pemberi pinjaman uang palsu? Selamat Anda sekarang berada di tempat yang tepat, pinjaman kelompok perusahaan asuransi berlian yang handal, yang menyediakan pinjaman pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%, kami datang untuk mengakhiri semua masalah. kita menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan rahasia dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: joycemeyerloanfirm@gmail.com
Banyak cinta,
Ibu Joyce

Post a Comment and Don't Spam!