Menata ruang tidur yang baik (artikel koran Sindo) / Best way to arrange bedroom

white bedroom with orange chair
white bedroom with orange chair by ooh_food, on Flickr
astudioarchitect.com Ruang tidur, mungkin adalah ruangan yang paling personal, kadangkala malah menjadi ruangan yang paling terabaikan. Ruang tidur yang teratur rapi akan meningkatkan kualitas hidup kita. Artikel dalam dalam Koran Sindo ini ditulis berdasarkan wawancara dengan saya selaku narasumber, adalah topik menarik karena mencakup banyak segi dari desain ruang tidur.

Bedroom, probably the most personal room, sometimes even became the most neglected room. Tidy bedroom will improve our quality of life. Articles in the newspaper Sindo was written based on interviews with me, is an interesting topic because it covers many aspects of bedroom design.




MEMANG ruang yang satu ini tak bakalan terlihat oleh tamu yang datang. Namun, tak ada salahnya tetap mendesain kamar tidur secantik mungkin agar Anda nyaman dan betah berlama-lama di dalamnya.

Untuk membuat Anda nyaman dan betah berlama-lama di ruang tidur tak ada salahnya bila Anda mendesain semenarik mungkin. Malah dengan kreativitas yang tinggi, ruangan ini juga bisa menjadi point of interest di rumah Anda. Sebenarnya mendesain ruang tidur tak terlalu susah, asalkan Anda tahu trik dan tipnya.

Glam Room
Glam Room by champagne.chic, on Flickr

Arsitek Probo Hindarto menyebutkan, untuk membuat desain ruang tidur pada dasarnya sangat mudah. Apalagi ruangan ini biasanya bentuknya persegi panjang dengan luas 3x3 meter, 3x4 meter, atau yang besar seperti 6x8 meter.

Setelah itu, dari ruang yang ada ini baru dibuat perencanaan interior yang lebih matang dengan menentukan jenis furnitur apa yang bisa masuk ke dalamnya. Pada dasarnya ruang tidur adalah ruang yang sangat personal.

Dari sinilah seseorang bisa mendekor ruangan ini sesuai karakter dan pribadinya. Pada prinsipnya mengatur ruang tidur harus disesuaikan dengan siapa yang akan menempatinya. Ruang tidur anak tentu saja berbeda dengan ruang tidur remaja, dan orang dewasa.

Faktor lain yang harus diperhatikan adalah pemilihan jenis furnitur. Agar nyaman dan enak dipandang, sebaiknya sesuaikan furnitur dengan luas ruangan. Misalnya, Probo menyebutkan, kita harus tahu seberapa besar ruang tersebut mampu menampung sebuah furnitur. Seperti, ukuran bed yang terlalu besar sudah pasti tidak bisa dimasukkan ke ruang kamar tidur yang terlampau sempit.

Demikian pula untuk bedroom yang besar tentu tidak cocok diisi dengan tempat tidur yang kecil. Karena itu, Probo menyarankan, sebaiknya sebelum melengkapi kamar tidur dengan furnitur, sebaiknya Anda benar-benar mempertimbangkan berbagai aspek. Antara lain luas ruangan dan kebutuhan.

A bedroom is a room which is not going to be seen by guests. However, there's nothing wrong to make the design as beautiful as possible so that the bedroom can be comfortable and nice to live in. In fact, with high creativity, this room can also be a point of interest inside your home. Actually designing the bedroom is not too difficult, given that you know the tricks and tips.

Architect Probo Hindarto mention, to make a bedroom design is basically very simple. This room is usually a rectangular shape with an area of 3x3 meters, 3x4 meters, or large like a 6X8 meter.

After that, the beauty of design is determined by what type of furniture that can go into it. Basically, a bedroom is a very personal space. From here one can decorate the room according to the character and personality of the user. In principle, a bedroom should be tailored to who will occupy it. Child's bedroom of course different with bedroom for teens, and adults.

Another factor to consider is the choice of furniture. To be comfortable and pleasing to the eye, you should adjust the furniture with the room condition. For example, Probo mention, we must know how much space can accommodate the furniture. Like, the size of bed that is too large it is definitely not to be inserted into a narrow bedroom.

Likewise, for a large bedroom certainly will not matched to be filled with tiny beds. Therefore, Probo suggest, preferably before the bedroom is completed with furniture, you should really consider various aspects. Among them are the space and needs.


”Masalah bentuk bisa disesuaikan dengan keinginan karena faktor terpenting mendesain ruang adalah berapa ukurannya dan sesuai atau tidak dimasukkan ke dalam kamar tidur,” kata pengasuh astudioarchitect.com ini.

Setelah furnitur beres, langkah berikutnya adalah memberi hiasan agar ruang tidur terlihat cantik. Hiasan bisa dibuat berdasarkan tiga hal, yakni usia si penghuni ruang, kepribadian, dan yang terakhir adalah hobi penghuni kamar tersebut.

Untuk orang dewasa, biasanya lebih sesuai dengan jenis lukisan berpigura dengan lukisan pemandangan, lukisan gaya Bali,dan jenis lukisan lainnya. Perlakuan berbeda jika kamar yang ingin Anda buat untuk sang buah hati.

tiramolla loft
tiramolla loft by ooh_food, on Flickr

Sebaiknya hiasi dengan gambar-gambar yang mendukung edukasi, seperti ABC untuk anak TK dan SD, atau gambar idola untuk kamar remaja. Tentunya bisa lebih baik bila dilengkapi dengan fasilitas seperti board tempat menempelkan pernak-perniknya. Sementara, ukuran hiasan pun bervariasi.

Menurut Probo, semua itu kembali kepada selera si pengguna ruang. Namun, sebaiknya, saran Probo, ukuran disesuaikan dengan ukuran kamar tersebut. Begitu pun dengan bentuk hiasan tersebut, kamar tidur orang dewasa sering kali lebih mementingkan bentuk furnitur standar atau yang terkesan high class.

Sementara, kamar tidur anak, Anda bisa pilih menggunakan bentuk hiasan yang bermacam-macam seperti bentuk huruf, jam dengan bentuk bola untuk kamar anak laki-laki, atau gambar putri salju untuk kamar anak perempuan.

Di samping itu, lanjut Probo, lantai pun perlu juga diperhatikan. Pada dasarnya banyak orang memilih keramik karena praktis dan tersedia berbagai motif. Tak pelak, penataan keramik untuk kamar tidur pun cukup bervariasi, misalnya border tepi.

white bedroom with orange chair
white bedroom with orange chair by ooh_food, on Flickr

Untuk kesan yang lebih mewah, Anda bisa menggunakan kayu ataupun parket. Untuk rumah yang berada di daerah iklim panas, lantai granit, granit tile, keramik, ataupun marmer bisa menjadi pilihan.Keempat material tersebut bisa memunculkan kesan lebih dingin.

Sementara itu, untuk daerah dingin, pilihlah lantai dari kayu ataupun karpet untuk mendapatkan kehangatan. Untuk desain kamar tidur, Anda bisa menyesuaikannya dengan tema rumah secara keseluruhan.Pada dasarnya ruang akan terlihat ciamik jika adanya satu kesatuan antara style rumah dan ruang yang ada di dalamnya.

Adapun warna yang biasanya digunakan untuk kamar anak adalah warna cerah dan berani. Sedangkan untuk orang dewasa cenderung yang menenangkan seperti krem dan pastel. Tak pelak warna material seperti kayu juga cukup menarik karena bisa mengingatkan kita pada kesan alami dari material tersebut.

”Pelakuan berbeda jika Anda ingin ruang tampak lebih luas, Anda bisa terapkan warna cerah seperti pastel atau broken white apalagi bila ditunjang dengan jenis kaca cermin,” imbuh Probo.

Lalu, bagaimana dengan elemen dekoratifnya dan bagaimana pula cara aplikasinya.

Menurut Probo, elemen dekoratif bisa merupakan segala hal yang memberikan efek dekoratif pada ruangan. Memadupadankannya juga dengan elemen dekoratif lain sehingga terlihat harmonis dan enak dipandang. Contohnya, salah satu dinding dipakai sebagai tempat memajang berbagai elemen dekoratif, misalnya bufet dengan TV di atasnya, ambalan dinding dan juga pernak-pernik seperti pigura-pigura foto.


"The most important factor of customizing the design is how much space can be used, the size and wether it fit or not to go into the bedroom," said the owner of astudioarchitect.com.

After choosing suitable furniture, the next step is to provide decoration for the bedroom to be more cozy. Furnishings can be made based on three aspects, namely the age of the occupant space, personality, and the last is the hobby of the bedroom user.

For adults, it is usually more suitable to use some type of paintings, for instance the Bali style painting, and other types of paintings. Different types of decoration if you want to make room for children.

For children's bedroom, we recommend that you decorate bedrooms with picture that support education, such as ABC for kindergarten and elementary school children, or tale/ story image posters for teenage bedroom. It could certainly be better to be equipped with facilities such as pin board.

According to Probo, all of it back to the tastes of the bedroom user. However, preferably, suggestions by Probo, size of furniture should be adjusted to the size of the room. Bedrooms for adults are often more concerned with the form of furniture that meets the high class standard.

Meanwhile, for children bedroom, you can choose to use a variety of decorations such as a clock with a ball shape for a boy's room, or picture of snow princess for a daughter's room.

In addition, continued Probo, the floor should also be noted too. Basically, many people choose ceramic because it is practical and available a variety of motives. Inevitably, the arrangement of tiles for bedrooms are also quite varied, such as for border edge.

To have a more luxurious bedroom, you can use wood or parquet. For homes located in hot climate areas, granite floor, granite tile, ceramic, or marble can be a choice. The materials could create a cooler interior feeling.

Meanwhile, for the cold climate area, choose a wooden floor or carpet to get the warmth. For bedroom design, you can customize it with themes in advance. Basically a house will look very nice if there is a unity between the house style and space in it.

Colors for children's room is usually bright and bold colors. While for adults tend to such a soothing cream and pastel. No doubt the color of materials such as wood is also quite interesting because it can remind us of the natural impression of the material.

"Different treatment should be used if you want the room appear more spacious, you can apply bright colors such as pastels or broken white especially when supported by a type of mirror glass," added Probo.

Then, what about the decorative elements and how should be the application? According to Probo, the decorative element can be anything that gives a decorative effect on the room. To mix and match also with other decorative elements so it will look more harmonious and pleasing to the eye. For example, one wall is used as a place to display various decorative elements, such as chest of drawers with a TV on top, wall shelves and accessories such as picture frames.


________________________________________________

by Probo Hindarto
© Copyright 2010 astudio Indonesia. All rights reserved.

Menata ruang tidur yang baik (artikel koran Sindo) / Best way to arrange bedroom Share on...

0 comments on Menata ruang tidur yang baik (artikel koran Sindo) / Best way to arrange bedroom :

Post a Comment and Don't Spam!