Gaya 'rustic' untuk rumah tinggal / Rustic style for house design


astudioarchitect.com Pertanyaan dan jawaban tentang gaya rustic ini diajukan oleh wartawan dari koran Seputar Indonesia pada saya beberapa waktu lalu. 1. Apa definisi dari gaya rustic? Rustic dalam bahasa Indonesia berarti 'berkarat' atau tua, dan memiliki tekstur yang kasar dan tidak difinishing dengan baik. Gaya rustic bisa diartikan sebagai gaya dalam desain arsitektur dan interior yang menitikberatkan pada kesan alami, dari material yang tidak difinishing atau dihaluskan, misalnya kayu, batu, logam, dan sebagainya.

Questions and answers about the rustic style was filed by a journalist from the newspaper Seputar Indonesia on me some time ago. 1. What is the definition of rustic style? Rustic in the Indonesian language means 'rusty' or old, and has a rough texture and is not finished to the good. Rustic style can be interpreted as a style in architecture and interior design which focuses on natural impression, from material that is not finished to or refined, such as wood, stone, metal, and so forth.



2. Ciri-ciri arsitektur gaya rustic? 
Ciri-ciri gaya rustic terutama pada penggunaan material yang alami dan tidak difinishing, misalnya daripada menggunakan tembok yang diaci, dalam gaya ini menggunakan tembok yang tidak diaci, bisa juga ditutupi dengan unsur batuan dengan tekstur yang kuat. Bentuk atapnya biasanya model tradisional yang menggunakan bahan yang terkesan alami bukan pabrikan. Yang ditonjolkan adalah kesan material yang kasar dan tua.

3. apakah ada contoh bangunan di Indonesia bergaya rustic? 
Bila kita lihat rumah-rumah didesa, atau rumah adat yang dibuat dari kayu kasar, itu termasuk kesan material yang cukup kuat dengan tidak difinish, diamplas, atau dilapisi.

4. patokan atau pakem untuk membuat bangunan rustic? 
Tidak ada patokan khusus, hanya dalam gaya rustic yang terkesan tua dan hangat, bisa menggunakan material yang kesan teksturnya kuat, misalnya lapisi dinding dengan batuan, kayu, atau hanya bata ekspos. Daripada menggunakan keramik, bisa menggunakan batu alam yang masih ada teksturnya untuk pengganti keramik.

5. sudah umumkah diterapkan di Indonesia?
Di Indonesia sebenarnya sudah umum diterapkan, terutama untuk bangunan rumah atau arsitektur yang tradisional atau tua seperti rumah-rumah adat dan tradisional. Kalau muncul tren gaya rustic, adalah pengaruh dari luar negeri untuk penyebutan arsitektur yang sebenarnya sudah ada.

2. What's the istinction of rustic style in architecture?
Distinctive rustic style, especially on the use of natural materials and not finished to, for example, instead of using the a smooth wall, in this style using a wall that does not plastered, can also be covered with rock elements with strong texture. Roof forms are usually traditional models that use natural materials rather than the fabricated impression. You'll enjoy the impression material which is rough and old.

3. is there example of rustic-style buildings in Indonesia?
When we see village houses, or traditional house made of rough wood, it includes material that is strong enough impression with no finishing, sanding, or coated.

4. Is there a benchmark or designing rustic buildings?
There are no specific benchmarks, in just a rustic style that impressed the old and warm, could use a strong texture impression material, such as a wall layered with rocks, wood, or only the exposed brick. Instead of using ceramic, we could use a natural stone texture that still exist for the replacement tiles.

5. is it common applied in Indonesia?
In Indonesia, the public has actually been implemented, mainly for building houses or traditional or old architecture such as houses and traditional customs. If it appears rustic style trends, is the influence from abroad for the reference architecture that is already there.

6. tema atau desain yang mana yang cenderung sudah mendekati rustic?
Tema gaya country dengan penggunaan kayu dan batuan yang banyak. Gaya minimalis dengan penggunaan batuan juga bisa disebut bergaya rustic.

7. warna yang dominant di bangunan gaya rustic?
Warna yang dominan adalah warna dari kesan material yang kuat, seperti abu-abu, terakota, hitam, coklat kayu.

8. Apakah gaya rustic bisa disebut desain futuristic?
Tidak sama.

9. Bagaimana dengan penataan interiornya? 
Perpaduan dalam penataan interiornya pada dasarnya sama saja dengan prinsip yang sudah umum, karena gaya rustic lebih menekankan pada penggunaan material dengan tekstur kasar yang ekstensif, yang lebih ditekankan adalah suasana hangat yang diakibatkan penggunaan material dengan kesan yang kuat/bertekstur tersebut.

10. bisakah gaya rustic dipadukan dengan gaya lain, semisal modern gaya modern?
Bisa. Paduan gaya ini banyak dilakukan dalam desain bergaya etnik modern, karena banyak elemen dari unsur etnik yang bisa dipakai sebagai aksen dari interior gaya modern. Misalnya, sebuah ruangan dengan gaya modern yang bersih bisa diisi dengan satu atau dua buah furniture bergaya etnik yang biasanya banyak yang tidak dipoles, atau sengaja tidak dipoles dengan harapan muncul kesan rustic-nya.

11. Tahapan atau cara pengaplikasian gaya rustic dalam hunian?
Dalam mendesain, pilih material dengan kesan tekstur yang kuat, tapi tidak dilapisi dengan material pelapis seperti cat atau acian. Unsur-unsur obyek material yang terkesan tua seperti kayu tua dengan tekstur yang bagus, bisa digunakan sebagai aksen bila dilapiskan pada dinding. Material yang terkesan sederhana dan harganya murah seperti bata ekspos, kayu bekas, kayu kelapa, dan sebagainya bisa dipadu padankan dengan material pabrikan seperti kaca, logam dan sebagainya agar tercipta suasana paduan antara kesan rustic dan modern.

Kesan rustic dalam desain modern, hadir seperti dalam dinding dengan batu ekspos.

12. hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat bangunan bergaya rustic?
Meskipun rustic, masih bisa berpadu dengan tampilan modern dengan mengaplikasikan material, furniture atau pelapis dengan kesan material rustic, tapi dipadukan dengan kejernihan desain gaya modern. Dari sini bisa timbul suasana yang alami seperti resort.

13. tips-tips mengolah gaya rustic?
Gaya tersebut sangat mudah disandingkan dengan unsur tanaman karena sesuai dengan kesan alaminya. Padukan juga dengan elemen air dalam hunian Anda, misalnya dengan membuat kolam ikan atau air terjun buatan yang akan menambah segarnya suasana.

6. themes or designs which tend to have approached the rustic style?
Country style theme with the use of wood and rocks that much. Minimalist style with the use of rocks can also be called a rustic style.

7. what is the dominant color in the rustic style of the building?
The dominant color is the color of the impression of a strong material, such as gray, terracotta, black, brown wood.

8. Is rustic style could be called futuristic design?
Not the same.

9. What about the arrangement of the interior?
Fusion in its interior arrangement is basically the same as the general principle already used in many architecture, as more rustic style emphasizes the use of materials with extensive texture appearance, more emphasis is the warm atmosphere resulting from the use of materials with strong texture.

10. Can it be combined with other styles, such as modern styles?
We can. The style is mostly done in the form of "modern ethnic style", because many elements of ethnic elements can be used as accents of modern style interior. For example, a room with a clean modern style that can be filled with one or two ethnic-style furniture which is deliberately not polished for its rustic impression.

11. What's the method of rustic style application?
In the design, select materials with a strong impression of texture, but not coated with coating materials such as paint or plaster. Elements of material objects such as old wood with old impressed create a good texture, it can be used as an accent when superimposed on the wall. Materials that looks simple and inexpensive such as exposed brick walls, wood scraps, coconut wood, and so forth can be combined with matching fabricated material such as glass, metal and alloys in order to create an atmosphere of rustic and modern impression.

12. things that need to be considered before making a rustic-style buildings?
Although rustic, it can get along with a modern look by applying materials, furniture or upholstery with a rustic impression material, but combined with the clarity of modern design. From this, it can arise naturally as a resort atmosphere.

13. tips for rustic style?
The style is very easy to implement because it juxtaposed with elements in accordance with their natural impression. Combine well with the water element in your home, for example by making a fish pond or artificial waterfalls that will add a fresh atmosphere.
________________________________________________

by Probo Hindarto
© Copyright 2010 astudio Indonesia. All rights reserved.

Gaya 'rustic' untuk rumah tinggal / Rustic style for house design Share on...

0 comments on Gaya 'rustic' untuk rumah tinggal / Rustic style for house design :

Post a Comment and Don't Spam!