Rumah di lahan 7x15m dengan ruang usaha/ House design with a business space

astudioarchitect.com Desain rumah ini dibuat untuk rubrik konsultasi desain gratis di koran Seputar Indonesia yang terbit tiap Jum'at. Pertanyaan dari pak Toni tentang bagaimana merombak desain rumahnya karena harus direnovasi. Desain rumah ini merupakan tipikal rumah yang bisa dikembangkan pada lahan 7x15meter, dengan sebuah ruang usaha di bagian depan. Ruang usaha ini bisa dipakai untuk menjadi tambahan penghasilan bagi keluarga.

This house design was made for the free house consultation column on Seputar Indonesia newspaper, published every Friday. The question from Mr. Toni about how to design his house because it should be renovated. The house design is a typical house can be developed on land 7x15meter, with an store room at the front. This business space can be used for additional revenue for the family.


Pertanyaan:

Yth mas Probo,
di tempat

Saya Toni, tinggal di daerah Klayatan Malang. Saat ini saya ingin merenovasi rumah yang baru saja saya beli di daerah Klayatan tersebut. Luas tanahnya adalah 7x15 meter dengan denah yang ada (terlampir). Apakah saya bisa berkonsultasi? Saya ingin merubah letak kamar, kamar mandi menjadi dapur dan KMnya dipindahkan saja.

Nantinya saya ingin membuat ruang usaha didepan berupa toko baju untuk istri saya. Kamar yang ada didepan dirubah saja menjadi carport. Jumlah kamar yang diinginkan adalah 2 buah satunya besar untuk kamar tidur utama.

Demikian dan atas perhatian mas Probo saya ucapkan terimakasih.

Yusuf Antoni
Malang

Question:


Dear mas Probo,


I'm Toni, live in the area Klayatan Malang. I want to renovate the new house I just bought in this Klayatan area. Size is 7x15 meters of land with an existing plan (attached). I want to change the location of rooms, kitchens and bathrooms.


Later I wanted to create a store at front, a business space for my wife. The room in front can be converted into carport. The desired number of rooms are two bedrooms.


Thank you very much for your attention.


Yusuf Antoni
Malang



Jawaban:

Dear pak Toni,
Terimakasih atas pertanyaan Bapak. Sehubungan dengan keinginan untuk mendapatkan rumah dengan ruang usaha didepan, dan melihat kondisi denah rumah Bapak saat ini, saya beranggapan bahwa ruang usaha bisa dibuat didepan kamar, dengan ukuran 2x3 meter karena keterbatasan lahan. Untuk kamar dibelakangnya, terpaksa cahaya dan udara dimasukkan melalui jendela yang terletak di bagian atas dari atap dak ruang usaha tersebut.


Untuk bagian lain dari rumah Bapak, menurut saya masih ada ruang untuk taman belakang sehingga ada cahaya dan udara alami yang masuk. Saya tahu udara di Malang masih cukup dingin sehingga tidak usah menggunakan AC.

Untuk tampilan rumah, di bagian teras saya sarankan untuk menggunakan semacam partisi dari kayu dan kaca atau fiber glass sehingga bisa dipakai duduk dengan nyaman di teras tersebut sekedar untuk tempat membaca koran.

Demikian pak Toni,
Semoga jawaban saya bisa membantu Bapak/.

Salam dari astudio.
Probo Hindarto

Bila Anda suka, Anda bisa membeli desain ini dengan gambar kerja lengkap dengan ukuran dan detail rancangan. Klik disini

Answer:

Dear Mr. AnToni,
Thank you for your question. To fit with the desire to get home with business space in front, and looking at the condition of the current plan of your house, I think that the business space can be created in front of the room, with a size of 2x3 meters due to limited land. For the bedroom behind it, can be added a window for light and air to enter through the window located at the top of the concrete roof of the business space.

For other parts of your house, I think there is still rooms for the small backyard garden so there is natural light and air intake. I know the air in Malang is still quite cold, so do not have to use AC.

For the front view of the house, on the terrace I suggest to use some kind of wood and glass partitions or glass fiber that can be used to sit comfortably on the terrace which can be a place to read a newspaper.

Hopefully my answers can help.

Greetings from astudio.
Probo Hindarto



________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2010 astudio Indonesia.

All rights reserved.

Rumah di lahan 7x15m dengan ruang usaha/ House design with a business space Share on...

0 comments on Rumah di lahan 7x15m dengan ruang usaha/ House design with a business space :

Post a Comment and Don't Spam!