Window Blinds (tropical house concept)

greeneryastudioarchitect.com Anda memiliki jendela yang terlalu besar, atau gorden jendela yang sudah waktunya diganti? Barangkali Anda ingin mempertimbangkan untuk menggunakan window blinds. Window blinds cukup praktis karena tidak lebih banyak menyita tempat, bila direncanakan dan diaplikasikan dengan baik. Ukurannya dapat diatur dan dikombinasikan untuk menutup area kaca. Penampilannya yang presisi juga menunjang konsep interior rumah bergaya modern.

Do you have a too big window, or window curtain that should be replaced? You might want to consider using window blinds. Window blinds are quite practical because it doesn't require a lot of space, if planned well. The size can be arranged and combined to cover a glass window area. The precise appearance also give a beautiful addition to our modern home.




Apa kegunaan window blinds?

Window blinds, atau penutup jendela yang biasa diletakkan di sisi dalam jendela kaca, merupakan sebuah alat bantu untuk menunjang interior rumah tinggal, kantor atau bangunan lainnya. Sebenarnya window blinds juga bisa diletakkan di luar jendela, seperti untuk menyaring cahaya di area teras rumah. Dalam hal ini, namanya bukan lagi 'window' blinds, namun 'blinds' saja, dan dapat berfungsi sebagai secondary skin.

Window blinds sering digunakan bila kaca terlalu lebar atau kondisi lain dalam ruangan, seperti terlalu banyak cahaya masuk, kurang adanya privasi, dan sebagainya. Fungsi window blinds sebenarnya sama dengan gorden, namun dengan lebih banyak keunggulan. Dibandingkan gorden biasa, window blinds lebih dapat diatur untuk mendapatkan banyak cahaya yang masuk kedalam ruangan. Menggunakan gorden, kita dapat menutup sebagian jendela, namun penyebaran cahayanya kurang merata. Window blinds memungkinkan cahaya dapat masuk secara lebih merata dalam ruangan karena kisi-kisinya dapat bergerak secara keseluruhan. Karena kegunaannya, window blinds seringkali merupakan alternatif pilihan yang baik untuk menggantikan gorden.


Kaca yang terlalu lebar biasanya juga membuat cahaya matahari baik langsung atau pantulan masuk makin banyak dalam ruangan. Bila ruangan berjendela lebar digunakan tanpa pelindung seperti gorden atau window blinds, sinar yang masuk dapat lebih memanaskan ruangan sehingga terasa gerah. Adanya window blinds, meskipun tidak dapat menyelesaikan tuntas tentang pemanasan ruang akibat cahaya matahari dalam ruangan, dapat membantu memberikan pembayangan agar sinar tidak langsung memanaskan area ruangan seperti lantai, bahkan mengenai langsung kulit kita.

Resting Booth
bamboo blinds Resting Booth by mrhayata, on Flickr


Window blinds juga dapat membantu kita mendapatkan privasi dalam ruang interior rumah kita bila kaca terlalu lebar. Dengan kemungkinan dapat disetel dengan mudah melalui alat disisi window blinds yang dapat berupa tangkai yang diputar, tali, dan sebagainya, window blinds dapat memberikan tingkat privasi yang kita butuhkann.

Mengapa orang suka menggunakan window blinds?

Window blinds lebih disukai karena praktis dan menarik untuk dilihat. Kepraktisan alat ini ada pada kemungkinannya menyesuaikan kuantitas atau besar bukaan (misalnya cahaya matahari) dan tidak perlu merubah bentuknya, dengan kata lain alat ini cukup presisi. Kepraktisan ini dapat berpadu manis dengan gaya arsitektur modern yang berkembang akhir-akhir ini. Window blinds juga dapat mempercantik ruangan dengan garis-garis tegasnya. Bila diperhatikan, satu jendela yang memiliki window blind terlihat lebih indah juga karena bias-bias cahaya yang muncul dari sela-selanya.

Apakah window blinds cocok untuk diaplikasikan dalam rumah tinggal gaya modern?

Rumah tinggal bergaya modern sangat cocok menggunakan window blinds, seperti venetian blinds, roman blinds, dan sebagainya. Pada desain rumah-rumah modern saat ini, bidang kaca yang lebar sering digunakan sebagai pengganti dinding. Window blinds yang ragam dan variasinya semakin berkembang ini menjadi menarik untuk digunakan karena kepraktisan, fungsi dan estetika atau keindahannya.

Apa saja bahan yang digunakan untuk window blinds?

Bahan yang digunakan untuk blinds ada bermacam-macam. Untuk venetian blinds misalnya, bahan yang digunakan antara lain kayu, bambu, aluminium, plastik, vinyl, dan sebagainya. Material ini mempengaruhi kesan alami dari window blinds.

Sebagai contoh: window blinds yang dibuat dari bambu, terlihat sangat menarik. Jenis ini cukup populer di Indonesia, seperti di negara lain, misalnya di Jepang. Disamping itu harganya juga murah dan dapat dicari di tempat penjualan produk industri kecil berbahan dasar bambu.

Betulkah window blinds dapat meredam panas dalam ruangan dan bagaimana hubungannya dengan hemat energi

Menggunakan window blinds, kita dapat menghemat energi dari pemanasan yang dapat terjadi di ruangan karena sinar matahari masuk langsung kedalam ruangan. Fungsinya dapat sebagai pemantul cahaya matahari sehingga mengurangi dampak panas matahari, terutama bila window blinds berbahan berwarna cerah atau putih, karena warna putih paling banyak memantulkan sinar matahari. Window blinds memang bukan cara paling jitu untuk berhadapan dengan cahaya matahari berlebihan atau untuk menghemat energi penggunaan AC, karena pada dasarnya window blinds ini tetap menangkap panas matahari DIDALAM ruangan, jadi panas matahari masih beradiasi kedalam ruangan meskipun lebih sedikit dibandingkan bila tidak menggunakan window blinds.

Fungsi lain berkaitan dengan hemat energi adalah fungsi window blinds untuk menghalangi sinar UV dari luar ruangan yang dapat memanaskan ruangan secara langsung. Disamping itu fungsi ini juga membuat perabot menjadi lebih awet karena tidak terpapar sinar UV. Seperti diketahui, perabot yang terkena cahaya matahari terus menerus dapat semakin pudar warna dan kualitas bahannya.



What is the use of window blinds?


Window blinds usually put inside a glass window, is an accessory to support home interior design, office and other buildings. Window blinds can be put outside windows, for instance to filter sunlight in house terraces. In this case, it is no longer 'window' blinds, but just 'blinds', and can function as secondary skin.


Shadow Lines
vertical blind, Shadow Lines by Incase Designs, on Flickr


We can use window blinds if our window glass is too wide or other condition inside a room, like too much sunlight entering a room, not enough privacy, etc. Window blinds function like usual curtain, but with more advantages. Compared to usual curtain, window blinds can be adjusted to get the most desirable sunlight inside a room. Using curtain, we can cover part of window, but the light is not well spread. Window blinds allow light to enter the room more evenly throughout the room because its laths move entirely. Because of its use, window blinds often become a good choice to replace curtain.


A too wide windows will put in more sunlight into a room both directly or indirectly. If a wide windowed room is used without a window cover like curtain or window blinds, sunlight will enter the room and heat it so it will be hot inside it. With window blinds, even though it doesn't entirely solve the problem of interior heat, can help to give shadow in order to prevent sunlight from directly heating the floor, even our skin.


Window blinds also help us to get more privacy inside our home if the glass window is too wide. With possible easy adjustment by means of adjustable rotator, rope, and other means, window blinds can give the level of privacy we desire.


Why people like to use window blinds?


Window blinds is more practical and more aesthetic to see than usual curtain. This home accessory is practical in its possibility to be adjusted in the amount of light that enters it (for instance; sunlight) without necessarily change its shape, in other word, it's quite precise. It can also blend well with the latest architecture style by adding strong lines to the room, making it more beautiful. If we notice more, one window that has window blinds seems more beautiful also because of ray of lights that coming through its laths.


Will window blinds can be applied in most modern style houses?


Houses with modern style will likely be suitable with window blinds like venetian blinds, roman blinds, and other models of window blinds. In most modern houses these days, wide glass windows often used as wall replacement. Many and more varieties of window blinds are more interesting because it is practical, functional, and has an aesthetic value.


What are the materials used for window blinds?


Many materials are used for window blinds. Venetian blinds for instance, are made of wood, bamboo, aluminum, plastic, viny, and other materials. These material will effect the look of it.


________________________________________________

by Probo Hindarto

© Copyright 2010 astudio Indonesia. All rights reserved.

Window Blinds (tropical house concept) Share on...

0 comments on Window Blinds (tropical house concept) :

Post a Comment and Don't Spam!