Menggunakan Grass Block untuk Carport / Using Grass Blocks for carport

astudioarchitect.com Rumah yang hijau itu segar, tapi tak semua rumah bisa menjadi hijau. Terkadang, ada rumah yang benar-benar beton dan semen semuanya, atau seluruh lantainya sudah dikeramik. Ow... ow... apakah ini penyelesaian terbaik untuk sebuah rumah? Menghilangkan taman dan area resapan air dan menggantinya dengan sesuatu yang keras dan kurang manusiawi seperti beton :) Mungkin betul, keluarga membutuhkan carport, perkerasan untuk menjemur pakaian di belakang rumah, dan sebagainya. Sebetulnya, kita tidak harus menutup semuanya dengan beton atau semen.

left photo by D Sharon Pruitt, under CC lisence

A green house is fresh, but not all houses can be green. Sometimes, some homes are actually covered by concrete and cement, or the entire floor is covered with ceramics. Ow ... ow ... whether this is the best solution for a home? Eliminating gardens and water catchment areas and replace it with something hard and less humanistic like concrete:) Maybe yes, families need carport, paving to hang the clothes in the back of the house, etc. Actually, we do not have to cover all landscape with concrete or cement.




Cara yang bagus untuk punya perkerasan sekaligus taman adalah dengan menggunakan blok rumput atau grass block. Terdapat jenis grass block yang memang bentuknya khusus dengan rongga didalamnya sehingga rumput masih bisa tumbuh, atau jenis paving blok biasa yang dibuat menjadi grass block dengan cara mengaturnya secara berselang-seling.

gambar: screenshot Google.com untuk pencarian grassblock

Kegunaannya, adalah pada area yang membutuhkan perkerasan seperti carport, tempat jemuran di belakang, selasar samping rumah, dan area lainnya. Disamping secara visual lebih bagus terlihat, menggunakan grass block juga mengurangi area yang ditutup oleh bangunan, sehingga lebih hijau. Dalam hal ini ada keuntungan yang bisa didapatkan:

  • Rumah menjadi lebih sejuk dengan adanya rumput, karena rumput menyerap sebagian besar sinar ultraviolet, menyerap panas sehingga tidak memantul pada bangunan, dan menghasilkan oksigen tambahan.
  • Area grass block menjadi area penyerapan air disekitar rumah, sehingga mengurangi air yang tergenang atau langsung dibuang ke saluran riol kota. Karena itu bisa mengurangi banjir dari area rumah kita.
  • Grass block menjadi elemen dekoratif untuk lahan disekitar rumah, pola yang dibentuk cukup menarik sehingga menghadirkan nuansa yang lebih indah di area rumah kita daripada keramik atau perkerasan dari semen.
  • Bila suatu saat ingin dirubah fungsinya menjadi taman kembali atau fungsi yang lain, tidak perlu merombak atau membobol perkerasan, cukup dicongkel saja dari tanah :)


Jadi, bila saat ini ada diantara Anda yang sedang memutuskan untuk membuat carport, perkerasan selasar, atau perkerasan lain disekitar rumah, coba untuk beralih ke grass block, karena banyak keuntungannya.


A good way to have a pavement and a garden in one place is by using grass block. There are kinds of grass blocks which is a block specially formed with holes therein so that grass could grow, or the usual type of paving blocks made into grass block set by criss-cross.


The use of grass block is on area that needs paving such as carport, area to clothesline in the back, sideway of a houses, and other areas. In addition to better visual look, using grass block also reduces the area covered by buildings, so it is more green. In this case there are advantages that can be obtained:


* The house becomes cooler with grass, because grass absorbs most ultraviolet light, absorb heat, so as not to bounce on the building, and generate additional oxygen.
* Grass block area become the absorption area of water into the ground, thus reducing stagnant water or directly flowed into city sewers channel. Because it can reduce the flood of our home area.
* Grass block forms a decorative element for the landscape around the house, which is formed patterns that present interesting nuances to be more beautiful in our home area, than only ceramic or cement pavement.
* If one day want we want to change the function of pavement back into a garden or other functions, no need to tear down or break the pavement, just take out the blocks from the ground:)


So, when you are about to decide to make a carport, paving sideway, or other paving around the house, try to switch to grass block, because there are a lot of benefits.
________________________________________________

by Probo Hindarto

© Copyright 2010 astudio Indonesia. All rights reserved.

Menggunakan Grass Block untuk Carport / Using Grass Blocks for carport Share on...

0 comments on Menggunakan Grass Block untuk Carport / Using Grass Blocks for carport :

Post a Comment and Don't Spam!