Desain ruang baca yang nyaman / Cozy reading room design

Lamp detailastudioarchitect.com Kadangkala, didalam sebuah rumah terdapat satu atau dua ruang yang nyaman untuk membaca. Ruang seperti ini sangat sesuai untuk kita nikmati kapan saja. Terdapat beberapa hal untuk diperhatikan dalam membicarakan ruang membaca. Seseorang dapat membaca dengan konsentrasi total bahkan dalam situasi yang paling berisik, ketika orang berbicara, orang-orang bergerak di sekitar mereka - dengan mengabaikan semua gangguan. Tapi sebagian besar dari kita, kita lebih suka ruang yang tenang pada jam membaca atau saat malam hari berdialog dengan sebuah buku, kita lebih suka lingkungan yang lebih tenang.

Sometimes, inside a house there is one or two cozy room for reading. This kind of room is suitable for us to enjoy anytime. There are several things to think about when talking about reading room. Some people can read with total concentration even in the most noisy situation, when people talking, people move around them - by screening out all distraction. But most of us, when we settle down for a quiet hour reading or an evening with a book, prefer a more tranquil environment.




Lamp detail
Lamp detail by Browserd, on Flickr

Beberapa pertimbangan desain yang penting diperhatikan di ruang baca adalah:
- Duduk yang enak tetapi tidak membuat mengantuk, memberikan dukungan yang memadai di bagian tulang belakang (dan ke leher dan lengan juga) untuk kenyamanan maksimal.
- Cahaya datang di salah satu sisi bahu, cukup kuat baik siang hari atau cahaya buatan yang menerangi ruangan pada malam hari, tetapi agak terarah pada buku bacaan.
- Hindari mengganggu pemandangan, suara, dan polusi lalu lintas bila memungkinkan. Putarlah jenis musik yang lembut tanpa lirik agar membantu konsentrasi membaca.

Di luar pertimbangan diatas, kita bisa menambahkan meja semacam coffee table didekat kursi, dengan akses rak untuk mengambil buku atau majalah, dan cukup ruang untuk meregangkan mata. Kondisi seperti itu, cukup memadai untuk kondisi santai membaca. Kadang-kadang, anggota keluarga sering membaca dengan serius, ini adalah waktu mereka mungkin membutuhkan lebih dari itu, dengan ruang belajar, ruang kerja atau tempat pribadi lainnya yang harus direncanakan dengan baik.

- Seating that is resilient but not soporific, giving adequate support to the back (and to the neck and arms as well) for maximum comfort.
- Light coming over one shoulder, either moderately strong daylight or artificial light that illuminates the room and concentrates fairly intense but diffused light on the reading material.
- Avoid distracting sights, sounds, and household traffic. Soft music without lyrics may reading concentration.


Beyond these essential design considerations for a reading room, we might add nearby coffee tables, accessible shelves to hold books or magazines, and enough space to stretch the eyes. Such conditions, which are adequate for more-or-less casual reading, can be achieved easily in the typical living room. Sometimes, members of the family often do serious or technical reading, this is the time they may require more than those essential considerations, with a study room , working room or other private place that should be planned appropriately.
________________________________________________

by Probo Hindarto

© Copyright 2010 astudio Indonesia. All rights reserved.

Desain ruang baca yang nyaman / Cozy reading room design Share on...

0 comments on Desain ruang baca yang nyaman / Cozy reading room design :

Post a Comment and Don't Spam!