Tinggal dekat Jalan Tol?? - konsep rumah tumbuh


konsultasi rumah gratis astudioarchitect.com
Pak Fahmi, seorang sahabat facebook astudio mengirimkan dua pertanyaan untuk konsultasi gratis, tentang keinginan untuk membeli rumah didekat jalan tol dan contoh rumah kecil dengan konsep rumah tumbuh.



Salam kenal,
Pak, mohon ijin konsultasi: saya keluarga kecil dgn 1 putri usia 3 th. Domisili di Surabaya. Setahun kedepan ingin memiliki rumah. Alternatifnya saya membeli di lokasi perumahan yg komplit fasilitasnya. Alternatif lain saya membeli tanah, 10x25 m2.  permasalahannya:

1. perumahan tersebut relatif dekat dgn jalan tol, kemungkinan tingkat kebisingan cukup tinggi, khawatir banjir karena mnrt marketingnya tinggi tanah dr jalan tol hanya 1,5 m (namun saya tdk yakin).  Apa plus-minus nya tinggal di lokasi seperti itu??

2. untuk alternatif kedua, apakah bapak dapat membantu referensi (contoh gambar, foto, blog, buku) mengenai rumah tumbuh untuk keluarga kecil. Konsep dasarnya: rumah itu: hemat energi, higienis, minimalis fungsional. tidak perlu pernak-pernik yg tidak perlu, massive design.  btw, saya pernah sekilas melihat buku yg bagus tnt arsitektur, topiknya memanfaatkan small spaces, cuma saya lupa judulnya, mungkin bapak ada referensi.

Atas bantuan berbagi kami sekeluarga mengucapkan terima kasih.

Salam,
Fahmi



Jawaban:

1. Pak Fahmi, saya sendiri tidak tinggal dekat jalan tol, jadi saya mungkin belum bisa memberikan banyak bantuan tentang bagaimana tinggal di dekat jalan tol. Tapi menurut saya, kemungkinan tinggal dekat jalan tol tentunya adalah polusi suara dan polusi udara. Saya sarankan pak Fahmi melihat kembali site tersebut, apakah kira-kira polusi disana tidak akan mengganggu pernafasan, atau bisingnya masih bisa ditoleransi. Melihat pengalaman dari rumah-rumah yang ada di pinggir jalan, kasusnya mungkin agak sama dengan rumah pak Fahmi, yaitu polusi udara dan suara. Bila boleh saya bantu carikan referensi artikel di internet, ada disini pak

2. Sedangkan untuk referensi rumah tumbuh, saya pernah membahasnya di artikel konsep rumah tumbuh. Didalamnya juga ada contoh rumah kecil yang seperti deskripsi Bapak, tidak terlalu banyak biaya namun menurut saya masih cukup menarik dilihat.

Dibawah ini saya sertakan juga referensi preview sebuah buku semi majalah: "Rumah Tumbuh" karangan Rumah Ide, yang mungkin bisa membantu Bapak mendapatkan inspirasi desain. Bukan saya yang menulisnya :) tapi dalam waktu dekat insya Allah saya juga meluncurkan buku tentang rumah kecil dan ada beberapa contoh rumah tumbuh.



________________________________________________

by Probo Hindarto

© Copyright 2009 astudio Indonesia. All rights reserved.


Disclaimer:
Preview buku ini disediakan oleh Google Books. Tujuan display dalam blog ini adalah membantu penulis dan penerbit memasarkan bukunya. Astudio tidak men-scan, membajak, ataupun membuat file derivatif dari buku yang bersangkutan.

Tinggal dekat Jalan Tol?? - konsep rumah tumbuh Share on...

0 comments on Tinggal dekat Jalan Tol?? - konsep rumah tumbuh :

Post a Comment and Don't Spam!