Beberapa aspek tentang TERAS. Bagaimana teras yang baik itu?

astudioarchitect.com Pertanyaan-pertanyaan ini diberikan oleh mbak Inda dari Seputar Indonesia (Sindo) pada saya yang menanyakan berbagai aspek tentang teras yang baik. Teras adalah bagian rumah yang cukup penting dalam kebudayaan kita yang ramah dan terbuka. Teras menjadi bagian penting dari rumah, seperti halnya dalam rumah-rumah tradisional. Teras bisa dipakai menerima tamu sementara, duduk-duduk bersama keluarga, teman atau kerabat, bahkan menjadi elemen estetika dan keindahan dalam rumah kita. Oh ya, karena saya waktu menjawab agak bersemangat, jadinya artikel ini memuat sebagian dulu dari pertanyaan-pertanyaannya, karena bila semua dimuat disini akan terlalu panjang (^^;)`

These questions provided by Inda from Seputar Indonesia Newspaper (Sindo) asking me about the various aspects of a good terrace. Terrace is part of the house which is important in our friendly and open minded culture. Terrace became an important part of the house, just as in traditional houses. Terrace could be used as the reception, sitting with family, friends or relatives, even the elements of aesthetics and beauty in our homes.

- Rasanya hampir tidak ada rumah yang tidak berteras; sementara rumah yang tak berhalaman sih saya rasa banyak ya, terutama di kota (jika pernyataan ini salah mohon dikoreksi). Nah, apakah keterkaitan (ataupun perbedaan-perbedaan) antara teras dan halaman pada sebuah rumah? Almost all houses are with terrace, while there are also houses with no front yard, especially in the city (CMIIW). Well, what is the linkages (or differences) between terrace and yard of a house?     


Perbedaan teras dan halaman terutama pada fungsinya. Sebuah teras adalah ruang peralihan antara 'luar' dan 'dalam', Biasanya memang sangat diperlukan, terutama karena adakalanya penghuni rumah tidak nyaman untuk mempersilahkan sembarang orang masuk dalam rumah. Teras juga bisa dipakai untuk menerima tamu, karena kadang kadang kita menyukai suasana teras yang nyaman, antara diluar dan didalam rumah. Tentunya karena suasana ruang yang ada lebih terasa sejuk, terasa semilir anginnya.

Halaman rumah adalah termasuk ruang luar, jadi perannya berbeda dengan teras. Di halaman, biasanya tidak terdapat tempat duduk. Mungkin hanya kursi taman. Halaman juga lebih berfungsi sebagai taman. 




The differences between terraces and yards, especially is on the function. A terrace is a transitional space between the 'outside' and 'inside', usually it is necessary, especially because there are times when residents are not comfortable for everyone to go inside the house. Terrace can also be used to receive guests, because sometimes we like the cozy atmosphere of the terrace, between outside and inside the house. Of course, because the atmosphere there is cooler, and the wind is breezy.

Front yard is included outside, so its role is different from the terrace. In the frontyard, there is usually no place to sit. Maybe just lawn chairs. This yard is also more functional as a garden. 

- Saya membaca artikel Anda tentang teras di astudioarchitect.com perihal teras yang baik dan nyaman. Pertanyaan saya: elemen apa saja yang sebaiknya ada pada sebuah teras? I read your article about terraces in astudioarchitect.com, about good and comfortable terrace. My question: what elements should be there on a terrace?

Elemen dalam desain teras, terdiri dari elemen bangunan (desain) dan elemen alami. Elemen bangunan misalnya seperti desain ruang teras, misalnya, bentuk atap teras, pilar penyangga teras, dan hal hal lainnya seputar desain di area teras. Misalnya seperti bentuk jendela. Tentunya akan teradapat perbedaan bila kita berada atau melihat jendela bergaya mediterania dan jendela bergaya minimalis. Disamping itu elemen lain seperti pemilihan keramik atau ubin lantai, juga berpengaruh.

DSCF0008.JPG

Elemen alami yang saya maksudkan adalah unsur alami seperti tanaman hias, udara, serta pemandangan sekitar yang berkaitan dengan taman dan penataannya. Elemen alam ini merupakan elemen penting untuk sebuah ruang peralihan seperti teras, karena disini kita merasakan suasana segar karena adanya pohon pohon, tanaman, dan sebagainya. 

Elements in the design of the terrace, consisting of elements of the building (design) and the natural elements. Building elements such as the design of terrace space, for example, forms the roof terrace, the pillars supporting the porch, and that other thing about the design of the patio area. For example such as shape of the window. There would have been different if we look at the window of Mediterranean style and minimalist style window. Besides, other elements such as selection of ceramic or tile floor, also influential.

Natural elements that I mean is the natural elements such as ornamental plants, air, and the scenery around the garden and related to the setting. This natural element is an important element for a transitional space such as terraces, because here we feel the fresh air because of the trees, plants, and so on. 

- Tanaman apa saja yang dipertimbangkan baik untuk diletakkan di teras? What kind of Plants are considered suitable to put on the terrace?

Jenis tanaman yang sesuai untuk diletakkan di area teras biasanya adalah tanaman dalam pot, seperti Anthurium. Tanaman dalam pot lainnya juga akan sangat membantu membuat teras lebih asri. Belakangan, tanaman buah dan obat juga merupakan pilihan yang bijak. Tanaman pohon peneduh juga sangat baik ditanam disekitar area teras untuk membantu menyejukkan suasana teras. 

Plants that are suitable for placing on the terrace area is usually a potted plant, such as Anthurium. Other potted plants will also help create a more beautiful terrace. Later, fruits and medicinal plants is also a wise choice. Plant shade trees are also very well planted around the patio area to help cooling the atmosphere of the terrace. 

- Apa saja yang perlu dipertimbangkan saat mendesain teras rumah? What should be considered when designing the terrace?

Dalam mendesain teras, hal yang perlu diperhatikan adalah fungsi teras. Teras yang baik, adalah teras yang nyaman, dalam arti ia bisa digunakan secara nyaman untuk duduk, atau menunggu, atau mengobrol. Bila ada teras yang baik, tentunya ada teras yang kurang baik. Teras yang kurang baik misalnya seperti teras yang terlalu kecil (padahal rumahnya besar), atau teras yang tidak nyaman, misalnya lantainya miring, atau mungkin teras yang secara visual terlalu terekspos, misalnya bila teras rumah terlihat dengan sangat jelas dari jalan, biasanya ada rasa tidak nyaman duduk disana karena terlihat orang yang lalu lalang. 

In designing terrace, things to note is the function of the terrace. A good terrace, is a comfortable terrace, in the sense that it can be comfortably used to sit, or wait, or chat. If there are good kind of terrace, There are also terraces which are less good. Terraces that are less good is  too small (compared to a large house), or a porch that is not comfortable, such as sloping floors, or perhaps visually exposed terrace, for example, when the terrace is clearly visible from the street, there is usually an uncomfortable sense of sitting there because it seemed to people passing by.



________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

Beberapa aspek tentang TERAS. Bagaimana teras yang baik itu? Share on...

0 comments on Beberapa aspek tentang TERAS. Bagaimana teras yang baik itu? :

Post a Comment and Don't Spam!