"Bocoran" buku arsitektur rumah tinggal Probo Hindarto yang akan segera terbit

astudioarchitect.com -- Mungkin banyak diantara pembaca astudio yang bertanya-tanya mengapa artikel di astudio tidak banyak diupload akhir-akhir ini. Baiklah, saya juga sudah rindu bertegur sapa dengan pembaca blog astudio. Kali ini sekedar update saja tentang apa yang saya lakukan belakangan ini. Menulis buku. Buku saya yang lalu tentang "Rumah Bergaya Arsitektur Mediterania", "Warna untuk desain interior", dan "Inspirasi Rumah Sehat di Perkotaan". Ya, mungkin sudah lama saya tidak menulis buku lagi. Jadi senggangnya waktu saya coba untuk pakai menulis tentang rumah dan arsitektur.




Maybe a lot of readers of astudio blog wondered why the articles are not much updated lately. Well, I've missed to greet astudio blog readers. This time it just updates about what I'm doing lately. Write a book. My last book about the "House with Mediterranean Architecture style", "Color for interior design", and "Inspiration for Healthy Urban House". Yes, maybe it's been long for me to write another book. So I spare my time to write about architecture.

Topik buku arsitektur ini adalah tentang rumah tinggal, seperti buku-buku saya sebelumnya. Dua hari lalu, saya sudah selesai menuliskan buku tentang rumah tinggal, yang merupakan kumpulan banyak artikel yang dibendel, dan diformat dalam format yang segar. Bila Anda tahu buku-buku saya sebelumnya, mungkin tak asing dengan gaya menulis saya untuk buku-buku yang selanjutnya.

Gambar kiri: buku-buku saya sebelumnya. Sepertinya di pasaran sudah jarang. Hanya buku "Inspirasi Rumah Sehat di Perkotaan" yang dicetak ulang.


Oh ya, sebelum saya meneruskan, pada artikel ini sengaja saya menggunakan banyak kata 'saya' sebagai orang pertama (dalam blog, biasanya memang kita menulis dengan sudut pandang 'saya'). Jarang-jarang rupanya saya menggunakan kata 'saya' dalam artikel-artikel saya. Mungkin perubahan ini lebih banyak diterapkan dalam artikel-artikel yang lainnya setelah ini. Mengapa? Mungkin, saya ingin lebih dekat dengan para pembaca astudio ya :)

Topic of this book is about architecture of houses, like my books before. Two days ago, I had finished writing a book about home design, which is a collection of many articles, and formatted in a fresh format. If you know my books before, probably you are familiar with my writing style of this book.

Oh yes, before I continue, in this article I deliberately use a lot of the word 'I' as the writing style (in blogs, usually we write it with the point of view 'I'). Apparently it is rare that I use the word 'I' in my articles. Perhaps this change is going to be in the articles others after this. Why? Maybe, I wanted to be closer to my readers in astudio :)


Kembali tentang penulisan buku. Memang dalam 1 tahun belakangan ini (sejak terakhir buku "Inspirasi Rumah Sehat di Perkotaan" terbit) saya punya beberapa draft buku, seputar arsitektur rumah tinggal dan beberapa tentang topik lain seperti ilmu komputer atau jaringan sosial seperti facebook. Entah kenapa, beberapa draft buku, mungkin 3-4 draft menganggur begitu saja dalam laptop saya. Meskipun sudah selesai, atau separuh, atau 3/4 selesai. Kebiasaan saya yang suka berpikir meloncat-loncat menjadi penyebab utama saya menuliskan beberapa draft buku dalam waktu bersamaan.

Sehingga, beberapa waktu lalu, salah satu draft saya yang saya kirimkan dengan agak malas-malasan diterima penerbit Andi, dan diputuskan untuk dimuat. Perlu diketahui, penerbit Andi lebih mengkhususkan diri ke buku-buku komputer seperti yang Anda lihat di toko-toko buku. Jadi, untuk genre buku arsitektur rumah agak lama diputuskannya. Tapi itu tidak apa-apa, lagipula saya juga terlambat mengirimkan softcopy akibat kesibukan yang lain.

Gambar kiri: "Bocoran" cover buku yang saya buat sebagai saran untuk cover buku berformat semi majalah kepada penerbit. Tulisan judulnya saya buat kabur agar lebih misterius... hehe. Perlu diketahui, penerbit selalu merevisi ulang format cover dan format buku yang dikirimkan penulis.




Jadi, kesibukan saya akhir-akhir ini selain menggambar desain rumah untuk klien, juga mencoba kembali menulis dengan lebih fokus, untuk menyelesaikan beberapa project buku yang tertunda. Saya harap buku tentang rumah, taman dan tren arsitektur yang berformat semi majalah baru-baru ini akan bisa diterima oleh pembaca sekalian... dan semoga saya bisa segera menyelesaikan salah satu buku arsitektur rumah tinggal selanjutnya. Mengapa berformat majalah? Karena sebenarnya cita-cita saya adalah membuat majalah dengan topik arsitektur rumah tinggal. Apakah cita-cita ini bisa berhasil? Sepertinya saya membutuhkan investor... hehehe ... Memang selama ini saya sudah 'kenyang' menulis tentang arsitektur rumah tinggal, dan menjadi narasumber serta pengasuh rubrik konsultasi rumah tinggal di majalah dan koran-koran di seluruh Indonesia.

Buku selanjutnya, topiknya tentang keindahan atau estetika dalam arsitektur rumah tinggal, dengan referensi berbagai project saya, hasil hunting foto, serta dari karya rekan-rekan sejawat arsitek yang 'nitip' atau saya untuk 'dititip' hasil karyanya dalam buku. Tentang judul bukunya, belum diputuskan.

Selamat pagi, siang, sore, malam Indonesia. Semoga tetap tersenyum... dan mari kita tetap berkarya membangun bangsa :)

Back about writing a book. Indeed in recent 1 year (since the last book, "Inspiration of Healthy Urban House" rising) I have a few drafts of books, about the architecture of houses and a few other topics such as computer science or social networks like facebook. For some reason, several drafts of books, maybe 3-4 draft just idle in my laptop. Although already finished, or half, or 3 / 4 finished. My habit of thinking like jumping up and down the main cause me to write several drafts of books at the same time.


Thus, some time ago, one of my draft that I sent a little lazy publishers received Andi, and decided to load. Please note, Andi publishers to more specialized computer books as you can see in bookstores. So, for the genre of architecture books home for a while decided. But it was not anything, furthermore I am also late to send softcopy from other activities.
 

book cover that I made a suggestion for a semi-formatted book covers to magazine publishers. Writing the title I made vague to be more mysterious ... hehe. Please note, the publisher is always revise and re-cover format book format sent authors.

So, my busy these days other than home design drawing for the client, also tried to re-write with more focus, to complete a pending book project. I hope the book about home, garden and architectural trends of semi-formatted magazine recently will be accepted by readers as well ... and hopefully soon I can finish one book the next residential architecture. Why the magazine format? Because actually my goal is to create a magazine with the topic of residential architecture. Are these ideals can be successful? Looks like I need an investor ... hehehe ... It's been my already 'full' writing about residential architecture, and the resource persons and caregivers stay home consultation section in magazines and newspapers throughout Indonesia.


The next book, the topic of beauty or aesthetics in residential architecture, with reference to my various projects, the hunting photos, as well as from the work of colleagues architects 'nitip' or my 'dititip' handiwork in the book. About the title of his book, not yet been decided.

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

"Bocoran" buku arsitektur rumah tinggal Probo Hindarto yang akan segera terbit Share on...

0 comments on "Bocoran" buku arsitektur rumah tinggal Probo Hindarto yang akan segera terbit :

Post a Comment and Don't Spam!