Menata kamar anak

astudioarchitect.com Anak-anak, membutuhkan ruang tersendiri untuk kreativitas dan daya imajinasi mereka. Tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan, terutama tempat dimana mereka tinggal. Selain bimbingan yang kita berikan sebagai orang tua, suasana ruang tempat mereka hidup dapat mempengaruhi kesehatan mental anak.

Children, need special space for creativity and their imagination. Development of children is strongly influenced by the environment, especially a place where they live. In addition to the role that we give as parents, the atmosphere of the space where they live can affect the mental health of children.

Kamar tidur anak laki-laki dan perempuan berbeda tema
Kamar tidur anak dapat didesain dengan tema-tema yang disukai oleh anak, seperti tema olah raga untuk anak laki-laki. Tema tokoh kartun juga dapat dijadikan menjadi aksen yang lucu dan menarik. Demikian pula hoby dan kegemaran anak dapat dijadikan tema untuk kamarnya.

Nursery

Untuk kamar anak perempuan, kita bisa menggunakan tema Barbie room yang serba pink atau tema corak binatang, warna-warna yang lebih pastel. Motif yang digunakan untuk kamar anak perempuan biasanya yang lebih feminim, seperti motif bunga, atau tokoh dongeng.

Benda-benda dan furniture dalam kamar anak
Biasanya, masalah utama kamar anak adalah mainan yang sering berserakan bila tidak ada rak atau lemari penyimpan yang baik. Kita bisa menata berbagai benda atau buku di sebuah lemari penyimpan atau rak terbuka yang dapat menampung banyak benda dengan mudah. Peralatan komputer dapat ditempatkan di dalam kamar anak untuk kegiatan belajarnya. Alat musik juga dapat ditempatkan di dalamnya sebagai sarana rekreasi dan mengembangkan bakat si anak. Umumnya mereka menyukai benda indah, lucu, dan menarik warnanya.


Contoh ruang anak yang didesain astudio. Lay out denah yang baik dapat membantu anak mendapatkan ruang lebih untuk bermain dan belajar.


Disini, kita melihat ruang tidur yang praktis untuk menyimpan barang-barang anak agar tidak berserakan. Sebuah tempat tidur kecil dengan lemari dibawahnya dapat berfungsi sebagai penyimpan pakaian. Rak yang besar dapat menyimpan mainan yang cukup banyak.

Bedroom for boys and girls are different 

Child's bedroom can be designed with themes favored by children, such as sports themes for boys. Theme of a cartoon character can also be made into a funny accent and interesting one. Similarly, a child's favorite hobby can be used as the theme for his room.

For the girls room, we can use the Barbie theme room that is all shades of pink or animal theme, the colors are more pastel. Patterns that is used for a girl's room is usually a more feminine, such as floral designs, or a fairy tale figures.

The objects and furniture in a child's room

Usually, the main problem is the child's room is often littered with toys when no shelves or storage cabinets provided. We can arrange a variety of objects or books in a storage cabinet or open shelves that can accommodate a lot of things with ease. Computer equipments can be placed in the child's room for learning activities. Musical instruments can also be placed in it as a means of recreation and develop the child's talent. Generally they like beautiful things, funny, and attractive color.


Jangan menaruh benda-benda berbahaya di tempat anak seperti mainan yang membahayakan, atau  mengandung bahan yang berbahaya. Berikan jendela dan bukaan hawa sirkulasi udara dalam ruangan menjadi lebih baik. Beri tempat belajar dan bermain di dalam kamar tidurnya serta peralatan yang mendukung hobinya.

Lampu yang cukup terang, lemari buku dan meja belajar biasanya ada dalam setiap kamar anak. Pencahayaan alami juga sebaiknya dipikirkan dengan baik. Pemberian tirai pada jendela dapat mengatur pencahayaan yang masuk ke dalam ruangan agar tidak menyilaukan.

Furnitur berupa rak atau lemari, baik terbuka atau tertutup sebaiknya dapat menampung semua barang agar tidak berserakan. Setiap kali habis bermain, alangkah baiknya jika anak bisa diminta mengembalikannya dalam rak-rak tersebut. Ini dapat memberi latihan disiplin dan kerapian dalam mengatur barang-barangnya sendiri.

Do not put dangerous items in place such as dangerous toys, or contain hazardous materials. Give windows and better air ventilation openings in the room. Give a place to learn and play in the bedroom as well as equipment that supports the hobby.

The lamp must be bright enough, bookcases and desks are usually present in any child's room. Natural lighting should also be well thought out. Curtains for the windows can set the lighting that comes into the room so as not to dazzle.

Furniture like shelf or cabinet, either open or closed should be able to accommodate all the stuff to be not scattered. Every time after playing, it would be nice if children could be asked to return their toys in the shelves. This can provide training in discipline and neatness management of their own belongings

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

Menata kamar anak Share on...

0 comments on Menata kamar anak :

Post a Comment and Don't Spam!