Konsultasi gratis: Rumah dengan desain tropis di lahan 500m2

Pertanyaan dari Bpk Agus Panca:
saya mempunyai tanah sekitar 500 m2, akan saya bangun dengan kriteria :
-tidak tingkat, 1 kamar tidur utama, 3 kamar tidur anak, ruang sholat. Saya sudah ada gambar denah dan design, tetapi masih belum mengena dengan konsep saya minimalis tropis. Bisa bantukah?

Pertanyaan selengkapnya:

Name: agus panca
Alamat: mataram, NTB
Pekerjaan: karyawan swasta
Pertanyaan/ keinginan:: saya mempunyai tanah sekitar 500 m2, akan saya bangun dengan kriteria :
-tidak tingkat, 1 kamar tidur utama, 3 kamar tidur anak, ruang sholat. Saya sudah ada gambar denah dan design, tetapi masih belum mengena dengan konsep saya minimalis tropis. Bisa bantukah?
salam
ap

Jawaban:

Dear pak Agus Panca, disini saya ingin memberikan beberapa komentar. Dari sisi denah, pada dasarnya gambarnya sudah bagus, namun dari sisi desain ada kecenderungan ruang-ruang kamar yang tertutup mengelilingi area bersama. Hal ini bisa mengakibatkan rumah tidak memiliki view atau pandangan keluar yang menarik. Saran saya, kumpulkan ruang-ruang kamar tidur dalam satu area dan bisa dicoba untuk membuat ruang keluarga lebih terbuka dengan view kedalam

Hal ini karena, biasanya view kedalam (taman dalam) lebih privat dan bisa lebih dinikmati daripada view taman depan. Adanya taman yang mengelilingi rumah mengakibatkan ada kemungkinan ruang taman ini menjadi 'ruang terbuang' karena jarang diakses, atau dilewati. Kemungkinan besar akan menjadi ruang yang sia-sia. Lebih baik ruang ini 'dikumpulkan' juga menjadi taman dalam yang cukup luas. Dibawah ini ada dua gambar denah, yang pertama desain pak Agus, dan yang kedua sketsa tangan saya. Tentunya ini sekedar memberikan ide Pak barangkali bisa menjadi alternatif. Mungkin juga didesain dengan alternatif lainnya.


Konsep denah yang dikirimkan Bpk Agus Panca



Sketsa konsep denah oleh Probo Hindarto

Pikirkan kembali apakah Bapak benar-benar membutuhkan kamar-kamar sebanyak ini dan adakah kemungkinan satu kamar bisa dijadikan semacam ruang kamar yang fleksibel dengan sekat atau semacam itu bila tidak dibutuhkan bisa dipakai fungsi lainnya.

Dari sisi tampilan, Saya melihat sepertinya ada konsep yang sangat menarik, yaitu area teras depan yang luas. Akan sangat menyenangkan memiliki rumah semacam ini agar kita bisa menikmati alam sekitar. Bila mungkin, kita bisa membuat area yang sama di bagian belakang rumah dengan taman belakang yang saya maksudkan sebelumnya.

(Konsep tampilan depan yang dikirimkan Bpk Agus Panca)

Beberapa konsep yang biasa dibuat dalam desain bertema 'tropis' adalah penggunaan material alami dan ekspos. Dalam desain kita bisa bermain dengan batuan ekspos, bata ekspos, atau dinding tanpa acian yang diekspos. Tentunya akan menarik menggabungkannya dengan bentuk-bentuk geometri yang lebih menarik. Dalam desain Bapak terlihat juga balkon yang sangat menarik. Akan lebih baik lagi bila kesan "Indonesia" lebih muncul dari karakter material alaminya.

Demikian, semoga membantu.


________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

Konsultasi gratis: Rumah dengan desain tropis di lahan 500m2 Share on...

0 comments on Konsultasi gratis: Rumah dengan desain tropis di lahan 500m2 :

Post a Comment and Don't Spam!