Skylight, cahaya terang dalam rumah

http://bopswave.googlepages.com/englishflag.jpg English Version
23 September 2007 - Sore itu, sambil menggelar beberapa kertas dengan desain rumah yang sedang dikerjakan, saya menjelaskan tentang perlunya cahaya tetap masuk dalam ruangan-ruangan yang tidak memiliki jendela.

"Bila ruangan ini dirasa kurang terang, kita bisa menggunakan skylight", kata saya.
"Skylight? Apa itu ya?", tanya klien saya keheranan.
"Oh, itu semacam lubang untuk memasukkan cahaya dari atas ke dalam ruangan yang gelap", saya menjelaskan lebih lanjut.
"Oo, jadi sinar tetap masuk... boleh juga itu" lanjut klien saya.

Skylight berasal dari bahasa Inggris, artinya cahaya langit, atau barangkali, bisa disebut sebagai jendela pada atap. Fungsi skylight pada umumnya adalah memasukkan cahaya, biasanya karena sebuah ruangan tidak memiliki jendela karena keterbatasan lahan.

"Lalu, kira-kira seperti apa skylightnya ya mas? Kalo sodara saya ada yang rumahnya dibikin lubang diatas, terus ditutup sama fiber," kata klien saya.
"Ya, bisa aja, tapi mungkin kita bisa menggunakan kaca untuk ini," kata saya, "jadi ada frame dari alumunium yang ditaruh diatas dak betonnya, diatasnya kita taruh kaca."
"Oo, gitu. Apa nggak panas mas?"
"Eee, saya pikir nggak ya, kita bisa buat sedikit saja sinar matahari masuk siang hari, selebihnya skylight ini nanti tertutup bayangan atap sebelahnya", saya menjelaskan.

Skylight juga merupakan solusi untuk menyediakan penghawaan alami, bila dibutuhkan. Karena biasanya penutup skylight yang dibuat dari polycarbonat atau kaca harus diberi semacam frame, yang bisa dibuat dari bahan alumunium, ruang diantara penutup dan dak beton atau atap yang ada bisa diberi jarak untuk mengalirkan udara.

Biasanya skylight dibuat bila unsur penghawaan alami sudah cukup memadai dalam rumah, karena bila penghawaan alami belum mencukupi, skylight tidak harus ditutup sehingga keberadaannya bisa menjadi sumber udara dalam rumah sekaligus sumber cahaya. Biasanya dalam keadaan seperti ini dibuat pula taman dibawahnya sehingga keberadaannya menjadi taman didalam rumah.


Foto oleh Yogi 'Awang' Diwangkoro


Dalam mendesain rumah tinggal, skylight adalah salah satu solusi yang dapat diterapkan agar rumah tidak menjadi sumpek tanpa udara dan penghawaan, khusus untuk ruang-ruang yang miskin jendela.
________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

Skylight, cahaya terang dalam rumah Share on...

0 comments on Skylight, cahaya terang dalam rumah :

Post a Comment and Don't Spam!