Pencahayaan alami di rumah



22 Sept 2006 -
Pencahayaan alami sangat berguna bagi tubuh dan jiwa kita. Cahaya matahari dapat masuk kedalam rumah dan memberikan penerangan yang cukup dan menghangatkan rumah. Ada kalanya cahaya matahari masuk dari sisi timur atau barat bangunan. Pada siang hari bisa dimasukkan lewat void bangunan.

Banyak orang tidak menyukai cahaya matahari yang datang dari barat, karena panas. Sebetulnya hal ini bisa dimaklumi, karena udara panas siang hari masih belum dingin, bila ditambah sinar matahari sore akan sangat panas terasa. Namun hal ini bisa diatasi dengan membuat plafon yang cukup tinggi. Cahaya matahari tetap diperlukan untuk dimasukkan ke dalam rumah, agar suatu saat sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah, penting untuk menjadikan rumah lebih hidup dengan sinar matahari ini. Mungkin kita bisa meminimalkan efek panas ini dengan benar-benar mempertimbangkan bahwa sinar matahari masuk hanya sekitar satu jam pada sore hari untuk rumah menghadap barat ini, sehingga tidak terlalu panas.

Rumah menghadap ke timur sangat baik, cahaya dapat menghangatkan pagi yang dingin dan memberikan perasaan riang pada pagi hari untuk memulai aktivitas.


Gambar rumah dengan pencahayaan alami yang ditambahkan dengan baik dari pintu dan jendela kaca patri disekitar pintu ini. Ide ini bisa diterapkan untuk memperluas area jendela dan memasukkan cahaya matahari.
________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

Pencahayaan alami di rumah Share on...

0 comments on Pencahayaan alami di rumah :

Post a Comment and Don't Spam!