Kompleks Makam Bung Karno

http://bopswave.googlepages.com/englishflag.jpg English version

April 2007


Kompleks makam Bung Karno sebelumnya merupakan satu kompleks dengan arsitektur khas Jawa yaitu bangunan joglo. Sejak 2004 telah ditambahkan bangunan baru yang menjadi satu kompleks dengan makam Bung Karno tersebut. Tim arsitek bangunan baru diketuai oleh Pak Pribadi Widodo dan Pak Baskoro Tedjo dari ITB. Sejak kami memasuki area makam ini, sebuah bangunan disamping makam menarik perhatian kami.



makam bung karno 1


Gerbang kompleks lama, yang berbentuk seperti candi dengan ukuran besar. Tampaknya terdapat keinginan menarik masa lalu ke masa sekarang yang dimulai dari kompleks lama ini, dalam bentuk yang sangat mirip (atau dimiripkan) dengan bangunan candi masa lalu, demikian pula dengan bahan bangunannya menggunakan batuan. Sistem konstruksi massa, namun kami ingin mengetahui apakah bagian dalam bangunan ini diisi dengan sistem konstruksi beton, tampaknya demikian.

makam bung karno 2

Bangunan yang memayungi makam Bung Karno. Bentuknya pendopo memayungi makam. Bangunan joglo lebih kekinian daripada bangunan candi.

makam sukarno 1
Space penghubung antara kompleks lama dengan bangunan baru, bersifat menghubungkan, menyegarkan.

makam sukarno 2

Bangunan modern dari kompleks baru. Kaidah desain fungsional dengan memasukkan unsur tradisi masa lalu dalam pemakaian batuan untuk dinding luarnya. Peniruan dan penerusan tradisi masa lampau dari bahan bangunan candi.

makam sukarno bung karno 1

Salah satu sudut bangunan baru, superimposing.

modern building


Salah satu sudut interior bangunan baru.

PHOTOGRAPHS BY YOGI "AWANG" DIWANGKORO















Candi Penataran

Tidak jauh dari kompleks makam Bung Karno, obyek masa lalu yang sangat penting bagi pemahaman terhadap peradaban berada. Sebuah kompleks candi Penataran. Kami juga melakukan analisa anatomi denah pada kompleks tersebut. Dapat dilihat pada gambar berikut;

candi penataran 1

Kami mendapati bahwa banyak sekali bagian dari kompleks candi yang tidak terjelaskan bagi kami, misalnya konsep supranaturalnya. Karena itu kami hanya melakukannya dengan kemampuan berdasarkan pemahaman modern yang kami miliki.

candi penataran 2
Candi Sengkalan Penataran

candi penataran
Diatas Candi utama

candi penataran blitar
Salah satu sudut salah satu candi yang menunjukkan atmosfer yang dingin, menenangkan.

candi penataran blitar 2
Kolam pada akhir sequence perjalanan dalam kompleks candi.

bangunan candi
Atmosfer pada tangga candi.

candi penataran blitar kota

Salah satu sudut paling menarik dari candi utama. Tampaknya, candi utama telah kehilangan sebagian besar bangunannya dan ketinggiannya. Bila bangunan ini masih ada, kami yakin candi ini sangat besar dan tinggi.

Photograpsh by Yogi 'Awang' Diwangkoro



________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

Kompleks Makam Bung Karno Share on...

0 comments on Kompleks Makam Bung Karno :

Post a Comment and Don't Spam!